@thesis{thesis, author={Rohmah Hardianti Anisa}, title ={PENGARUH MODEL KOOPERATIF JIGSAW TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK BERITA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 RAMBIPUJI}, year={2021}, url={http://repository.unmuhjember.ac.id/9568/}, abstract={ABSTRAK Rohmah Hardianti Anisa. 2020. Pengaruh Model Kooperatif Jigsaw Terhadap Keterampilan Menyimak Berita Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Rambipuji Jember. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Bahasa Daerah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muham-madiyah Jember. Pembimbing: (1) Dr. Hanafi, M. Pd. (2) Agus Milu Susetyo, M. Pd. Kata Kunci: Kooperatif, Jigsaw, Menyimak Berita Kooperatif jigsaw merupakan model belajar kooperatif dengan cara siswa belajar dalam kelompok kecil yang terdiri dari empat sampai enam orang secara heterogen dan siswa bekerja sama saling ketergantungan positif dan bertanggung jawab secara mandiri, agar mendapatkan pembelajaran yang aktif dan efektif. Permasalahan yang muncul dari latar belakang adalah apakah ada pengaruh model kooperatif jigsaw terhadap keterampilan menyimak berita siswa kelas viii smp negeri 3 rambipuji jember. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model kooperatif jigsaw terhadap keterampilan menyimak berita siswa. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Sasaran pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Rambipuji Jember. Tempat penelitian di SMPN 3 Rambipuji Jember, pada tanggal 3 Mei 2020. Teknik pengumpulan data adalah teknik wawancara, angket, dokumentasi. Instrumen dalam penelitian adalah pedoman wawancara, pedoman angket, penguji validitas dan reabilitas. Data dalam penelitian dianalisis dengan metode analisis deskriptif kuantitatif yaitu suatu proses menemukan pengetahuan yang menggunatakan data berupa angka sebagai alat menemukan keterangan mengenai apa yang ingin kita ketahui dengan bantuan SPSS versi 21. Hasil analisis data menunjukkan Ada pengaruh antara penggunaan model kooperatif jigsaw terhadap keterampilan menyimak berita siswa. Hal tersebut dapat ditunjukkan Berdasarkan nilai t, diketahui nilai t hitung sebesar 11,185 > t tabel 1.660. karena koefisien regresi sederhana mempunyai nilai positif dan nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05. Untuk kontribusi pengaruh penggunaan model kooperatif jigsaw terhadap keterampilan menyimak berita siswa yaitu sebesar 57%. Berdasarkan hasil tersebut, simpulan dari penelitian ini adalah adanya pengaruh model kooperatif jigsaw terhadap keterampilan menyimak berita siswa} }