@thesis{thesis, author={Amelia Damayanti Nia}, title ={Analisis Rantai Nilai Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Keunggulan Kompetitif (Studi Kasus Pada UD. Ijen Batik Bondowoso)}, year={2021}, url={http://repository.unmuhjember.ac.id/9713/}, abstract={UD. Ijen Batik Bondowoso merupakan perusahaan yang bergerak di bidang produksi batik untuk wilayah Bondowoso dan sekitarnya bahkan sampai ke luar Jawa dan luar negeri. Tingginya persaingan batik diindonesia membuat perusahaan harus meningkatkan keunggulan kompetitif Untuk meningkatkan keunggulan yang kompetitif UD. Ijen Batik perlu melakukan strategi. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis rantai nilai produk batik tulis yang ada di UD. Ijen Batik Bondowoso. Analisis rantai nilai salah satu cara pandang suatu perusahaan sebagai rantai aktivitas yang mengubah input menjadi output yang bernilai bagi pelanggan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan metode studi kasus. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan sekunder dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaku rantai nilai terdiri dari supplier, perusahaan, wholeseller dan retail. Pada analisis nilai tambah yang dilakukan pada saat produksi batik tulis menunjukkan nilai tambah sebesar 213.000,00 atau 81,3 %/per unit. Hal ini dikarenakan hasil nilai ambah yang tertinggi diperoleh dari aktivitas penjualan dan pemasaran. Kata Kunci : Analisis Rantai Nilai, Keunggulan Kompetitif.} }