@thesis{thesis, author={Ika Fatmawati Fatma}, title ={Ragam Gaya Bahasa Pertentangan Dalam Iklan Minuman Di Youtube : Kajian Stilistika}, year={2021}, url={http://repository.unmuhjember.ac.id/9823/}, abstract={ABSTRAK Salah satu bentuk keunikan gaya bahasa yang digunakan dalam iklan minuman adalah gaya bahasa pertentangan. Gaya bahasa pertentangan pada dasarnya memiliki bentuk perlawanan yang terjadi dalam suatu pernyataan. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk gaya bahasa pertentangan yang terdapat dalam iklan minuman di youtube. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini berupa kalimat yang terdapat bentuk gaya bahasa pertentangan. Sumber data yang digunakan adalah youtube channel. Penelitian ini dilakukan selama lima bulan dengan alokasi waktu pra-penelitian, penelitian, dan pasca-penelitian.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode simak dan catat dengan bentuk instrumen peneliti sendiri dan tabel instrumen pengumpulan data. Teknik analisis yang digunakan bermula dari analisis kebahasaan pada jenis padan intralingual. Teknik lanjutan yang digunakan adalah Hubung Banding Membedakan (HBB). Teknik lanjutan ini diterapkan didasarkan pada proses analisis dalam penelitian ini adalah mencari bentuk gaya bahasa jenis pertentangan yang isinya membedakan antara kata satu dengan kata lain dalam satu kalimat. Teknik pengujian kesahihan data menggunakan uji kredibilitas data pada jenis perpanjangan pengamatan. Berdasarkan hasil yang telah ditemukan, secara umum gaya bahasa yang ditandai dengan pemarkah langsung memiliki ciri ajakan untuk membeli produk tersebut. Sedangkan pertentangan dengan sugesti memiliki ciri-ciri sebagai sebuah sindiran secara langsung maupun dengan perumpamaan. Kata kunci: gaya bahasa, pertentangan, youtube, pemarkah, sugesti} }