@thesis{thesis, author={Qolbi'ah Hijrahthul and Sofia Lisda and Suhesty Aulia}, title ={Pengaruh Self Regulated Learning terhadap Stres Akademik pada Mahasiswa Kuliah Online di Masa Pandemi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Unmul}, year={2022}, url={}, abstract={Stres akademik merupakan salah satu yang sering dialami oleh banyak mahasiswa, termasuk mahasiswa di Universitas Mulawarman. Stres akademik biasanya bersumber dari berbagai tuntutan yang tidak dapat diatasi oleh mahasiswa. Salah satu faktor yang diduga berkaitan dengan stres akademik adalah self regulated learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh self regulated learning terhadap stres akademik pada mahasiswa kuliah online dimasa pandemic. Metode penelitian yang digunakan ialah kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, dengan jumlah sampel 100 mahasiswa yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Data yang terkumpul dianalisis dengan bantuan program Statistic Packages For Social Science (SPSS) 25.0 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat self regulated learning terhadap stres akademik pada mahasiswa kuliah online dengan nilai perhitungan yang diperoleh yaitu F hitung > F tabel (5.365 > 3.94) dan nilai P = 0.000 (P < 0.005). Kontribusi pengaruh (R2) self regulated learning terhadap stres akademik adalah sebesar 0.470. Hal ini menunjukkan bahwa self regulated learning memberiklan kontribusi pengaruh sebesar 47 persen terhadap stres akademik. Semakin rendah self regulated learning dalam proses pembelajaran, maka akan semakin tinggi pula stres akademik yang dialami oleh mahasiswa.} }