@thesis{thesis, author={Hasan Nuuri and JUNAIDI SLAMET and PRASETYA WING}, title ={PENGARUH SELF CONFIDENCE DENGAN KETERAMPILAN PSIKOMOTOR SISWA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI}, year={2023}, url={http://repository.unpkediri.ac.id/10255/}, abstract={Pendidikan pada hakekatnya merupakan suatu upaya kesadaran masyarakat dan pemerintah suatu negara untuk menjamin kelangsungan hidup dan generasi selanjutnya. Latar belakang dari penelitihan ini didasari dari hasil observasi yang dilakukan di SMKN 1 Kediri pada kelas X. Dimana hasil yang diperoleh yaitu terdapat kurangnya rasa percaya diri dalam mempraktikkan teknik yang telah diajarkan gurunya. Kurangnya rasa percaya diri tersebut mempengaruhi dan juga membatasi ruang gerak siswa pada saat pelaksanaan pembelajaran pendidikan jasmani. Sebagian siswa lebih memilih untuk diam ketika melaksanakan suatu teknik dalam pembelajaran di sekolah. Siswa diam karena mereka merasa minder dengan teman yang telah melaksanakan teknik tersebut dengan baik. Permasalahan penelitihan ini adalah apakah percaya diri siswa mempengaruhi keterampilan psikomotor siswa pada pembelajaran pendidikan jasmani. Penelitian ini menggunakan Teknik Korelasional (Hubungan). Penelitian korelasional adalah sebuah teknik penelitian di dalam pendekatan kuantitatif yang mana teknik ini masuk dalam jenis teknik penelitian non eksperimen. Menurut Arikunto (2010:247-248) Apabila subyeknya kurang darri 100 lebih baik diambil semua dan apabila sebaliknya lebih dari 100 maka dapat diambil antara 20-25%. Penelitian ini mengambil sampel dari siswa SMKN 1 Kediri populasi yang ada dalam penelitihan ini adalah 300 siswa. Dengan itu peneliti mengambil sampel mengunakan teknik probality samling dengan jenis simple random sampling 20% dari 300 siswa dengan total sampelnya sebanyak 60 siswa.. Bedasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa diketahui bahwa nilai Thitung 5,124 > Ttabel 1,622 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Dan ditunjukanya nilai korelasi (R) sebesar 55,8%, dan nilai determinasi (R Square) sebesar 0,312. Yang artinya besarnya variabel Self Confidence mempengaruhi variabel Psikomotor sebesar 31,2%, sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Maka dengan itu terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel X dengan variabel Y. Dengan model regresi yang dipakai untuk memprekdiksi partisipansi ?terdapat pengaruh antara self confidence dengan keterampilan psikomotor siswa pada saat pembelajaran pendidikan jasmani.} }