@thesis{thesis, author={ERIF AHDHIANTO ERIF AHDHIANTO and Opat Opsila Lodia and WAHID IBNU ZAMAN WAHID IBNU ZAMAN}, title ={DESKRIPSI KEMAMPUAN SISWA KELAS IV MENJELASKAN MATERI GAYA GERAK BENDA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW}, year={2020}, url={http://repository.unpkediri.ac.id/1044/}, abstract={Pembelajaran IPA merupakan salah satu mata pelajaran yang sangat penting dalam pendidikan yaitu siswa mempunyai pengetahuan, gagasan dan konsep yang terorganisasi tentang alam sekitar. Dari hasil observasi tersebut diketahui bahwa rendahnya hasil belajar siswa IPA disebabkan beberapa faktor-faktor yang mempengaruhi proses pembelajaran IPA diantaranya adalah metode pembelajaran yang digunakan guru kurang bervariasi, sehingga antusias siswa mengikuti pelajaran IPA rendah, kondisi lingkungan yang kurang mendukung siswa dalam belajar, kurangnya penggunaan media pembelajaran. Hal tersebut menyebabkan pembelajaran IPA berlangsung secara menoton akan membuat siswa kurang memperhatikan pelajaran yang sedang disampaikan guru tersebut. Permasalahan tersebut perlu segera diatasi, dengan cara memperbaiki rencana pembelajaran dan menggunakan model pembelajaran yang lebih menarik, agar bisa mengasah kreatifitas siswa, mengajak siswa berpikir kritis. Diharapkan akan membawa dampak positif bagi hasil belajar siswa. Materi ini sangat penting diajarkan sehingga dibutuhkan suatu model pembelajaran yang sekiranya menarik minat belajar siswa. Maka dari itu, guru perlu memilih model pembelajaran yang tepat salah satunya model pembelajaran jigsaw. Model jigsaw bertujuan untuk memotivasi atau mendorong siswa untuk aktif dan saling membantu dalam menguasai materi dan memberi kesempatan siswa untuk berfikir atau bebas mengemukakan pendapat. Tujuan menulis artikel ini untuk mengetahui deskripsi kemampuan siswa sekolah dasar menjelaskan gaya gerak benda dengan model pembelajaran jigsaw. Dalam artikel ini hanya mengkaji teori, kedepan diharapkan ada perangkat yang mendukung seperti silabus, RPP dan handout.} }