@thesis{thesis, author={DAMAYANTI SUSI and KUSUMANINGTYAS DIAN and Putri Sherly Yulia}, title ={ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS ALEN-ALEN MBAK SRIPIT MELALUI BUSINESS MODEL CANVAS}, year={2023}, url={http://repository.unpkediri.ac.id/10465/}, abstract={Penelitian ini dilatar belakangi bahwa UMKM Kabupaten Trenggalek menempati urutan 24 dari 38 Kabupaten dan Kota di Provinsi Jawa Timur untuk perkembangan dari tahun 2015-2023 dan cukup tertinggal dari Kabupaten dan Kota disekitarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi bisnis alen-alen mbak sripit melalui Business Model Canvas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Objek pada peneltian ini adalah UMKM Alen-alen Mbak Sripit yang berada di Desa Pojok kecamatan Pogalan Kabupaten Trenggalek. Sumber data primer dan sekunder. Prosedur pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data yaitu menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil analisis data menggunakan Businees Model Canvas pada usaha Alen-alen Mbak Sripit menunjukkan bahwa ada hal yang perlu ditambahkan pada cutomer segment adalah memperluas sasaran pelanggan dengan cara mengidentifikasi segmen pelanggan baru. value proposition perlu mengembangkan dan memperbaiki produk atau layanan yang sudah ada, dengan menambahkan channels yaitu menambahkan aliran distribusi seperti shopee, tiktok, dan tokopedia. Menambahkan wadah untuk menampung ide dan saran dari pelanggan untuk dijadikan bahan evaluasi bisnis pada customers relationship, menambah variasi produk atau layanan baru untuk menjangkau segmen pasar yang lebih luas pada revenue streams, pengembangan pada key resources yaitu mengembangkan diversifikasi sumber daya untuk mengurangi ketergantungan sumber daya utama, key activities perlu mengidentifikasi aktivitas utama yang menjadi keunggulan kompetitif, pada key partnership yaitu menjalin kerjasama dengan mitra untuk memperoleh sumber daya tambahan, pada cost structure dapat melakukan analisis menyeluruh terhadap biaya operasional. Kesimpulan penelitian dengan BMC menunjukkan bahwa Alen-alen Mbak Sripit sudah memenuhi 9 alemen yang terdapat pada BMC namun masih perlu adanya pengembangan untuk menunjang perkembangan bisnis yang signifikan. Penempatan strategi SWOT pada bisnis juga sangat dibutuhkan guna untuk mengevaluasi kekuatan, kelemahan, peluang, ancaman apa saja yang mungkin terjadi pada suatu bisnis.} }