@thesis{thesis, author={BASORI MUHAMAD and Prihatin Yuli and ZAMAN WAHID IBNU}, title ={MODEL CONTEXTUAL TEACHING LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENGANALISIS HUBUNGAN ANTARA BENTUK DAN FUNGSI BAGIAN TUBUH PADA HEWAN DAN TUMBUHAN PADA KELAS IV}, year={2020}, url={http://repository.unpkediri.ac.id/1084/}, abstract={Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) merupakan mata pelajaran pokok yang diajarkan pada jenjang pendidikan Sekolah Dasar. Pada mata pelajaran IPA siswa diajarkan berbagai konsep-konsep dan gejala-gejala yang berkaitan dengan alam sekitar. Siswa diajak untuk memahami konsep-konsep dan gejala-gejala alam melalui berbagai cara, misalnya dengan cara pengamatan, praktikum, mengukur maupun menganalisis. Pokok bahasan IPA di SD/MI meliputi makhluk hidup dan proses kehidupannya, benda/materi, energi dan perubahannya, serta bumi dan alam semesta. Pembelajaran IPA selalu menyinggung alam semesta dan lingkungan sekitar siswa. Oleh karena itu pada pembelajaran IPA khususnya materi bentuk dan fungsi bagian tubuh hewan dan tumbuhan guru harus memiliki strategi pembelajaran yang baik dan mampu menerapkan model pembelajaran yang dapat membangkitkan minat siswa sehingga siswa ikut berperan aktif dalam proses pembelajaran. Salah satu model pembelajaran yang mungkin dapat membangkitkan minat siswa serta mampu membuat siswa ikut berperan aktif dalam proses pembelajaran yaitu dengan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL).} }