@thesis{thesis, author={ANDAYANI BEKTI RURUH and PRIMA PUTRA RENDHITYA and Zuhdi Ahmad Farid}, title ={UPAYA PENINGKATAN PEMBELAJARAN KECEPATAN LARI JARAK PENDEK DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA MODIFIKASI BANKI PADA SISWA KELAS X-IPA SMA ISLAM AL QODIR KERTOSONO TAHUN AJARAN 2019/2020}, year={2020}, url={http://repository.unpkediri.ac.id/1090/}, abstract={Abstrak Ahmad Farid Zuhdi: Upaya Peningkatan Pembelajaran Kecepatan Lari Jarak Pendek dengan Menggunakan Media Modifikasi Banki pada Siswa Kelas X-IPA SMA Islam Al Qodir Kertosono Tahun Ajaran 2019/2020, Skripsi, PENJAS, FIKS UN PGRI Kediri, 2020. Kata kunci: kecepatan, lari jarak pendek, banki. Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil observasi peneliti yang juga sebagai guru dalam mata pelajaran Penjaskes, sebagian besar siswa kelas X-IPA SMA Islam Al Qodir Kertosono Kabupaten Nganjuk Tahun Ajaran 2019/2020 dalam praktiknya kecepatan yang dimiliki siswa masih jauh dari harapan dan sebagian besar siswa mendapat nilai di bawah KKM (KKM:75). Permasalahan yang muncul dikarenakan guru kurang optimal dalam membuat perencanaan pembelajaran, guru kurang sesuai memilih metode pembelajaran, guru kurang optimal dalam penggunaan alat peraga atau media pembelajaran karena terbatasnya sarana dan prasarana sekolah, aktivitas belajar siswa terkesan kurang bermakna dan kurang optimal terlihat dari kurangnya minat belajar siswa, dan kualitas hasil belajar siswa belum menunjukkan batas tuntas belajar terlihat dari nilai hasil praktik lari jarak pendek sebagian besar siswa yang masih di bawah KKM. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian siswa kelas X-IPA SMA Islam Al Qodir Kertosono. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus, menggunakan instrumen berupa RPP, pedoman penyekoran, rubrik penilaian (kognitif, afektif, psikomotor, dan kelas), pedoman klasifikasi nilai, pedoman penghitungan nilai kecepatan lari jarak pendek 80 meter (sprint), dan tes (soal) kognitif. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Ada peningkatan kecepatan lari jarak pendek siswa kelas X-IPA SMA Islam Al Qodir Kertosono setelah mendapatkan pembelajaran dengan penggunaan media modifikasi banki, dibuktikan dengan nilai rata-rata siswa mengalami peningkatan yang signifikan (Siklus I=68,31; Siklus II=71,68; Siklus III=80,87). (2) Ada pengaruh yang signifikan dari adanya pembelajaran dengan menggunakan media modifikasi banki terhadap kecepatan lari jarak pendek siswa kelas X-IPA SMA Islam Al Qodir Kertosono, dibuktikan dengan keberhasilan media modifikasi banki dalam meningkatkan kecepatan lari jarak pendek siswa. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: (1) Tujuan pokok penggunaan media modifikasi banki adalah untuk meningkatkan kecepatan lari jarak pendek siswa. Oleh sebab itu, guru sebagai pelaksana pembelajaran harus aktif, kreatif, dan inovatif dalam menciptakan dan menggunakan media pembelajaran bagi siswa agar tercapai tujuan pembelajaran. (2) Guru masih perlu meneliti terus menerus untuk membuktikan apakah media modifikasi banki sesuai dengan seluruh karakteristik siswa.} }