@thesis{thesis, author={IMRON ILMAWATI FAHMI and Sevtieny Inez Eka and WIGUNA FRANS ADITIA}, title ={PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN LUDO KEKAR DALAM MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA PADA KELAS IV SDN TIRON 4 KABUPATEN KEDIRI}, year={2023}, url={http://repository.unpkediri.ac.id/11558/}, abstract={Penelitian ini dilatarbelakangi berdasarkan hasil observasi peneliti yang dilakukan di SDN Tiron 4 menunjukkan bahwa kurangnya media pembelajaran yang digunakan oleh pendidik. Pada saat pembelajaran pendidik menggunakan media papan tulis dan media gambar yang ada pada buku pegangan peserta didik sehingga menyebabkan peserta didik mengalami kesulitan dalam memahami materi dan kurang aktif dalam pembelajaran serta ada beberapa peserta didik yang tidak memperhatikan apa yang dijelaskan oleh pendidik. Hal tersebut berdampak pada minat belajar peserta didik menjadi rendah dan hasil belajar dalam menguasai materi kurang optimal. Berdasarkan masalah tersebut dapat diuraikan rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana kevalidan media pembelajaran Ludo KEKAR dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila pada kelas IV SDN Tiron 4 Kabupaten Kediri? (2) Bagaiamana kepraktisan media pembelajaran Ludo KEKAR dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila pada kelas IV SDN Tiron 4 Kabupaten Kediri? (3) Bagaimana keefektifan media pembelajaran Ludo KEKAR dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila pada kelas IV SDN Tiron 4 Kabupaten Kediri? Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan media pembelajaran (1) untuk mengetahui kevalidan media pembelajaran Ludo KEKAR dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila pada kelas IV SDN Tiron 4 Kabupaten Kediri. (2) untuk mengetahui kepraktisan media pembelajaran Ludo KEKAR dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila pada kelas IV SDN Tiron 4 Kabupaten Kediri. (3) untuk mengetahui keefektifan media pebelajaran Ludo KEKAR dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila pada kelas IV SDN Tiron 4 Kabupaten Kediri. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan R&D dengan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan yaitu analisis (Analysis), desain (Design), pengembangan (Development), penerapan (Implementation), dan evaluasi (Evaluation). Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa (1) media pembelajaran Ludo KEKAR valid digunakan dengan memperoleh nilai presentase dari ahli media sebesar 84% dan ahli materi sebesar 90%. (2) media pembelajaran Ludo KEKAR praktis digunakan dengan memperoleh nilai kepraktisan dari respon pendidik sebesar 90%, uji coba terbatas respon peserta didik mendapatkan nilai sebesar 85% sedangkan uji luas peserta didik memperoleh nilai sebesar 88%. (3) media pembelajaran Ludo KEKAR efektif digunakan dengan memperoleh hasil uji coba terbatas sebesar 87,5% dan uji coba luas memperoleh nilai sebesar 85%. Jadi, media Ludo KEKAR dikatakan efektif digunakan karena 86,25% peserta didik sudah mendapatkan nilai ? 75 di atas nilai KKM. Simpulan dari hasil tersebut menunjukkan bahwa media pembelajaran Ludo KEKAR memperoleh nilai sangat baik sehingga dinyatakan sangat valid, sangat praktis, dan sangat efektif digunakan sebagai media pembelajaran dalam materi Pendidikan Pancasila pada kelas IV SDN Tiron 4 Kabupaten Kediri.} }