@thesis{thesis, author={Ardiansyah Agung Tri and RIDWAN RIDWAN and UTOMO HANGGARA BUDI}, title ={MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI PERMAINAN BOWLING HURUF PADA KELOMPOK A TK PERTIWI III DESA KLURAHAN KECAMATAN NGRONGGOT KABUPATEN NGANJUK}, year={2023}, url={http://repository.unpkediri.ac.id/11705/}, abstract={Penelitian ini dilatarbelakangi pada hasil pengamatan yang telah dilakukan di Kelompok A TK Pertiwi III Desa Klurahan Kecamatan Ngronggot Kabupaten Nganjuk, bahwa kemampuan membaca permulaan anak di kelompok A TK Pertiwi III Desa Klurahan Kecamatan Ngronggot Kabupaten Nganjuk belum optimal serta masih perlu adanya peningkatan. Beberapa anak belum mampu mengembangkan kemampuan membaca permulaannya. Permasalahan tersebut akan peneliti pecahkan dengan menggunakan permainan bowling huruf guna meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak kelompok A TK Pertiwi III Desa Klurahan Kecamatan Ngronggot Kabupaten Nganjuk tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi dengan subjek penelitian anak didik kelompok A TK Pertiwi III Desa Klurahan Kecamatan Ngronggot Kabupaten Nganjuk yang berjumlah 18 anak terdiri dari 10 anak laki ? laki dan 8 anak perempuan. Teknik pengumpulan data untuk analisis data ialah hasil lembar kegiatan anak, lembar kegiatan guru, dan dokumentasi. Data yang diambil adalah kemampuan membaca permulaan pada anak. Kriteria keberhasilan dalam penelitian ini yaitu meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak dengan nilai ketuntasan mencapai 75%. Berdasarkan dari hasil tindakan dapat disimpulkan bahwa anak kelompok A TK Pertiwi III Desa Klurahan Kecamatan Ngronggot Kabupaten Nganjuk mengalami peningkatan dengan capaian tuntas. Hal ini terbukti dengan perubahan yang terjadi dari siklus I sebesar 44,4%, siklus II sebesar 66,7%, dan siklus III sebesar 88,9% yang menandakan bahwa kemampuan membaca permulaan anak mengalami peningkatan sebesar 22,2%. Hal ini menunjukkan bahwa permaian bowling huruf dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak kelompok A TK Pertiwi III Desa Klurahan Kecamatan Ngronggot Kabupaten Nganjuk.} }