@thesis{thesis, author={AGYTHEO PRIATMANA JOSANTA and KASIH PATMI and ROCHANA SITI}, title ={EDUKASI KERAJAAN SINGASARI MELALUI GAME}, year={2023}, url={http://repository.unpkediri.ac.id/11724/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi masalah kebosanan siswa dalam pembelajaran konvensional yang hanya dilakukan dengan membaca dan menulis, dengan mengembangkan sebuah game edukasi tentang kerajaan Singasari menggunakan metode waterfall dan metode Astar. Penelitian ini melibatkan empat siswa dari SDN Pesantren 2 sebagai partisipan untuk menguji respon terhadap game yang dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa respon siswa terhadap game edukasi tersebut sangat menarik sebesar 66,6%, menarik sebesar 24,9%, dan cukup menarik sebesar 8,3%. Dari hasil ini dapat disimpulkan bahwa game edukasi tentang kerajaan Singasari dapat membantu para siswa dalam pembelajaran mereka. Metode pengembangan game ini diharapkan dapat menjadi alternatif yang menarik dan efektif dalam mengatasi masalah kebosanan siswa selama proses pembelajaran} }