@thesis{thesis, author={HUNAIFI ABDUL AZIZ and Midiyanto Veronica Fernandiana Fedra and PRIMASATYA NURITA}, title ={PENGEMBANGAN MEDIA KARTU BRIDGE EDUKASI PADA MATERI PECAHAN UNTUK SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR}, year={2023}, url={http://repository.unpkediri.ac.id/11766/}, abstract={Diketahui bahwa siswa mengalami kesulitan pada materi pecahan. Terdapat permasalahan yang dihadapi guru dan siswa di kedua sekolah dasar yang memiliki karakteristik yang sama yaitu di SDN Bobang 2 dan SDK Yohanes Gabriel Puhsarang antara lain, siswa kesulitan dengan materi pecahan, belum ada penggunaan media pembelajaran pada materi pecahan, pembelajaran berpusat pada guru yang membuat siswa bosan dan guru membutuhkan media pembelajaran pecahan. Oleh sebab itu dikembangkan media pembelajaran kartu bridge edukasi pada materi pecahan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) kevalidan dari media kartu bridge edukasi pecahan pada siswa kelas IV di SDN Bobang 2 dan SDK Yohanes Gabriel, (2) kepraktisan media kartu bridge edukasi pecahan pada siswa kelas IV di SDN Bobang 2 dan SDK Yohanes Gabriel, dan (3) keefektifan dari media kartu bridge edukasi pecahan pada siswa kelas IV di SDN Bobang 2 dan SDK Yohanes Gabriel. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (R&D). Model penelitian yang digunakan adalah ADDIE yang meliputi analyze, design, development, implementation dan evaluation. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif-kuantitatif. Validasi produk dilakukan melalui dua tahap yakni uji coba terbatas dan uji coba luas. Subjek uji coba terbatas sebanyak 8 siswa dari SDK Yohanes Gabriel Puhsarang sedangkan uji coba luas sebanyak 21 siswa dari SDN Bobang 2. Instrument penelitian menggunakan pedoman observasi, wawancara dan angket yang didalamnya ada pertanyaan. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan KKM. Berdasarkan penelitian diperoleh hasil: (1) kevalidan media kartu bridge edukasi pecahan memperoleh skor 87,69% dan kevalidan materi memperoleh skor 93% yang menyatakan bahwa media kartu bridge edukasi pecahan yang dikembangkan masuk dalam kriteria sangat valid, (2) kepraktisan media kartu bridge edukasi pecahan diambil dari uji coba luas pada angket respon guru sebesar 82,66% dan angket respon siswa 100% yang menyatakan bahwa media kartu bridge edukasi yang dikembangkan masuk dalam kriteria sangat praktis, (3) keefektifan media kartu bridge edukasi pada uji KKM menunjukkan ada pengaruh penggunaan media kartu bridge edukasi terhadap hasil belajar materi pecahan di kedua SD tersebut karena ada perbedaan nilai pre test dan post test. Selain itu dilihat dari hasil siswa dengan nilai post test ? 70% yang menyatakan bahwa media papan pecahan yang dikembangkan masuk dalam kriteria sangat efektif. Jadi, dapat disimpulkan bahwa pengembangan media kartu bridge edukasi pecahan sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran matematika dan dapat membuat pembelajaran tidak bosan.} }