@thesis{thesis, author={Dhyka Septiana and NURSALIM NURSALIM and YUNITA DWI PRISTIANI}, title ={PENGARUH KECERDASAN SPIRITUAL DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS XI SMK PGRI 4 KEDIRI}, year={2020}, url={http://repository.unpkediri.ac.id/1180/}, abstract={Penelitian ini dilatar belakangi hasil wawancara peneliti dengan guru PKn di SMK PGRI 4 Kediri, bahwa angkatan kelas XI hasil belajarnya dalam mata pelajaran PKn lebih rendah disbanding angkatan kelas lain. Banyak factor yang mempengaruhi, diantaranya mungkin disebabkan oleh tingkat kecerdasan spiritual dan motivasi belajar siswa. Hal tersebut dapat dilihat dari sikap dan tingkah laku siswa baik dalam proses pembelajaran maupun dalam keseharian mereka di lingkungan sekolah. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana pengaruh kecerdasan spiritual terhadap hasil belajar PKn siswa? (2) Bagaimana pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar PKn siswa? (3) Bagaimana pengaruh kecerdasan spiritual dan motivasi belajar terhadap hasil belajar PKn siswa?. Pendekatan penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kuantitatif dengan Teknik penelitian survei. Dimana populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI dengan jumlah 198 siswa yang kemudian secara purposive sampling diambil 48 siswa sebagai sampel. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, dokumentasi, dan penyebaran angket atau kuesioner. Penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif statistik, asumsi klasik, dan regresi linier berganda. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Kecerdasan spiritual berpengaruh positif terhadap hasil belajar PKn siswa. (2) Motivasi belajar berpengaruh positif terhadap hasil belajar PKn siswa. (3) Kecerdasan spiritual dan motivasi belajar berpengaruh positif terhadap hasil belajar PKn siswa. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan (1) Untuk meningkatkan hasil belajar siswa guru perlu mempertimbangkan pula tingkat kecerdasan spiritual siswa. (2) Motivasi belajar juga memiliki pengaruh yang penting dalam meningkatkan hasil belajar siswa, baik itu motivasi dari dalam diri siswa maupun motivasi yang berasal dari lingkungan. Sehingga dalam hal ini guru harus selalu memberi dorongan dan dukungan pada siswa agar tujuan pembelajran dapat tercapai.} }