@thesis{thesis, author={NURMILAWATI MUMUN and SAIDAH KARIMATUS and Wati Nesti Winda}, title ={PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO EDUKATIF PADA MATERI PUISI KELAS II SDN KRATON MOJO}, year={2023}, url={http://repository.unpkediri.ac.id/11813/}, abstract={Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil wawancara kepada guru kelas II SDN Kraton Mojo Kabupaten Kediri. Hasil wawancara diketahui bahwa kemampuan siswa pada materi puisi di bawah KKM. Hal ini disebabkan oleh saat pembelajaran materi puisi, guru hanya menggunakan buku paket tanpa menggunakan media pembelajaran. Akibatnya siswa tidak dapat mencermati puisi anak. Atas dasar ini dilakukan penelitian dengan judul Pengembangan Media Video Edukatif Pada Materi Puisi Kelas II SDN Kraton Mojo. Rumusan masalah penelitian ini (1) Bagaimana kevalidan media pembelajaran video edukatif pada materi puisi kelas II SDN Kraton Mojo? (2) Bagaimana kepraktisan media pembelajaran video edukatif pada materi puisi kelas II SDN Kraton Mojo? (3) Bagaimana keefektifan media pembelajaran video edukatif pada materi puisi kelas II SDN Kraton Mojo? Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (R&D). Model penelitian yang digunakan adalah 4D yang meliputi define, design, development, dissiminate. Subjek uji coba terbatas sebanyak 6 siswa kelas II dan uji coba luas sebanyak 15 siswa kelas II di SDN Kraton Mojo Kabupaten Kediri. Instrument pengumpulan data penelitian ini menggunakan pedoman wawancara, angket, dan test (pretest dan postest). Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan skala likert dan uji-T SPSS. Analisis skala likert digunakan untuk mengetahui kevalidan dan kepraktisan media video edukatif. Sedangkan uji-T SPSS digunakan untuk mengetahui keefektifan media video edukatif. Hasil penelitian ini sebagai berikut: (1) media dan materi video edukatif dinyatakan sangat valid karena memperoleh hasil dari validator sebesar 86% sehingga media dan materi video edukatif sangat baik digunakan (2) media video edukatif dinyatakan sangat praktis karena memperoleh hasil dari respon siswa sebesar 83,3% dan memperoleh hasil dari respon guru sebesar 97,1% sehingga media dan materi video edukatif sangat baik digunakan (3) pada hasil belajar siswa menunjukkan bahwa, uji-t wilcoxon memperoleh hasil perlakuan yang telah diberikan setelah pre test pada Post Test dengan perbedaan asymp.Sig.(2-tailed) bernilai 0,000, Karena nilai 0,000 lebih kecil dari < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan sebelum proses pembelajaran dan sesudah proses pembelajaran dengan menggunakan media video edukatif.} }