@thesis{thesis, author={Mahardani Adinda Dayu Eka and NURMILAWATI MUMUN and SAIDAH KARIMATUS}, title ={PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MACROMEDIA FLASH PADA MATERI KERAGAMAN BUDAYA DI PROVINSI JAWA TIMUR KELAS 4 SDN KAUMAN III}, year={2023}, url={http://repository.unpkediri.ac.id/11820/}, abstract={Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil observasi dan penyebaran angket kebutuhan, berdasarkan dari hasil angket kebutuhan siswa yang telah disebarkan di SDN Kauman III khususnya pada kelas 4, 100% siswa menyatakan bahwa pada proses pembelajaran guru tidak pernah menggunakan media pembelajaran sehingga hanya 33% siswa yang paham dengan materi keragaman budaya di provinsi Jawa Timur. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana kevalidan pengembangan media pembelajaran berbasis macromedia flash pada materi keragaman budaya di provinsi Jawa Timur siswa kelas IV SDN Kauman III? (2) Bagaimana kepraktisan peserta didik terhadap media pembelajaran berbasis macromedia flash pada materi keragaman budaya di provinsi Jawa Timur siswa kelas IV SDN Kauman III? (3) Bagaimana keefektifan media pembelajaran berbasis macromedia flash pada materi keragaman budaya di provinsi Jawa Timur siswa kelas IV SDN Kauman III? Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Mengetahui kevalidan media pembelajaran interaktif materi keragaman budaya di provinsi Jawa Timur menggunakan macromedia flash kelas IV SDN Kauman III. (2) Mengetahui kepraktisan peserta didik terhadap media pembelajaran interaktif materi keragaman budaya di provinsi Jawa Timur menggunakan macromedia flash kelas IV SDN Kauman III. (3) Mengetahui keefektivan media pembelajaran interaktif materi keragaman budaya di provinsi Jawa Timur menggunakan macromedia flash kelas IV SDN Kauman III. Penelitian ini menggunakan teknik pendekatan penelitian Research and Development (R&D) dengan subyek penelitian siswa kelas IV SDN Kauman III. Penelitian ini dilaksanakan dengan metode ADDIE, menggunakan instrument berupa angket validasi ahli materi dan angket validasi media, angket respon siswa dan angket respon guru, dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian pengembangan ini sebagai berikut (1) Media pembelajaran berbasis macromedia flash dinyatakan sangat valid, sebab memperoleh nilai rata-rata sebesar 92,5%. (2) Media pembelajaran berbasis macromedia flash dinyatakan sangat praktis, sebab memperoleh nilai rata-rata sebesar 90%. (3) Media pembelajaran berbasis macromedia flash dinyatakan sangat efektiv, sebab hasil ketuntasan klasikal siswa sebesar 100%. Berdasarkan hasil penelitian ini, direkomendasikan: (1) Mata pelajaran IPS khususnya materi keragaman budaya di provinsi Jawa Timur dapat menggunakan media pembelajaran berbasis macromedia flash karena media tersebut sudah dinyatakan layak dan dapat digunakan tanpa revisi. (2) Media pembelajaran berbasis macromedia flash dapat dijadikan sumber referensi oleh para guru untuk mengembangkan media IT yang lebih kreatif dan membantu kegiatan pembelajaran.} }