@thesis{thesis, author={Nurizzah Mutma'innah Mutma'innah Nurizzah and SAHARI SUTRISNO SUTRISNO SAHARI and WAHYUDI WAHYUDI}, title ={PENGEMBANGAN MEDIA WAYANG KERTAS PADA KEMAMPUAN MENYIMAK CERITA MATERI BAHASA INDONESIA SISWA KELAS 4 SD}, year={2023}, url={http://repository.unpkediri.ac.id/11826/}, abstract={Penelitian ini dilatarbelakangi adanya hasil observasi di kelas 4 sekolah dasar secara umum dituntut untuk lebih kreatif dalam merancang maupun melaksanakan pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik belajar Siswa sekolah dasar untuk meningkatkan hasil belajar sekaligus menciptakan proses pembelajaran yang menarik dan menyenangkan bagi siswa. Tujuan dari penelitian ini untuk 1) Untuk mengetahui apakah ada perbedaan aktivitas belajar siswa yang menggunakan media wayang kertas dengan siswa yang menggunakan media gambar. 2)Untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa yang menggunakan media wayang kertas lebih efektif daripada proses pembelajaran yang menggunakan media gambar. 3)Untuk mengujicobakan keefektifan media wayang kertas terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa kelas 4 SD. Penelitian ini mengunakan metode penelitian yaitu pengembangan ADDIE merupakan sebuah metode paradigma pengembangansuatu produk yang ditetapkan untuk merancang pembelajaran dan menyiapkan lingkungan belajar yang dapat memfasilitasi pembelajaran yang kompleks dengan melibatkan lingkungan belajar secara optimal, dengan beberapa tahapan yaitu menganalisis studi pendahuluan dan media apa yang akan dikembangkan, mendesain materi dan rancangan pembuatan media, mengembangkan isi materi dandraft media untuk divalidasikan sehingga dapat dibuat media sesungguhnya, menguji coba materi dalam pembelajaran baik uji coba terbatas maupun uji coba luas, melakukan evaluasi keefektifan produk media. Kesimpulan penelitiann ini adalah pada media wayang kertas materi menyimak cerita siswa kelas 4 sekolah dasar dinyatakan valid dengan mendapatkan presentase 78%. Diyatakan praktis oleh respon guru memperoleh presentase 94%. Sertas sangat efektif pada uji coba terbatas mendapatkan presentase 91%. Dan uji coba luas mendapatkan 88%.} }