@thesis{thesis, author={Lailimuniffah Saiyyidatul and SAHARI SUTRISNO and SAIDAH KARIMATUS}, title ={PENGEMBANGAN BAHAN AJAR ARTICULATE STORYLINE PADA MATERI HUBUNGAN SUMBER DAYA ALAM DENGAN LINGKUNGAN BERBASIS CREATIVE PROBLEM SOLVING UNTUK KELAS IV SD}, year={2023}, url={http://repository.unpkediri.ac.id/11890/}, abstract={Penelitian ini dilatar belakangi berdasarkan analisis kebutuhan siswa kelas IV yang kurang memahami konsep hubungan sumber daya alam dengan lingkungan disebabkam guru yang masih belum menggunaan bahan ajar berbasis teknologi dala kegiatan belajar mengajar di kelas. Rumusan masalah yang dikembangkan yaitu Bagaimana kevalidan, kepraktisan respon guru, dan keefektivan penggunaan bahan ajar Articulate Storyline berbasis Creative Problem Solving pada materi hubungan sumber daya alam dengan lingkungan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui validitas, kepraktisan, dan keefektivan bahan ajar yang telah dikembangkan oleh peneliti. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Developmen (RnD) dengan model ADDIE (Analyze, Design, Developmen, Implementation, dan Evaluation). Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa Kelas IV SD Negeri 4 Mojoroto Kota Kediri. Instrument yang digunakan pada penelitian ini ada dua yaitu menggunakan angket dan tes. Angket digunakan untuk mengetahui kevalidan bahan ajar Articulate Storyline, materi pada bahan ajar Articulate Storyline, kepraktisan respon guru. Sedangkan tes digunakan untuk mengetahui efektifitas bahan ajar Articulate Storyline. Hasil dari penelitian pengembangan bahan ajar Articulate Storyline berbasis Creative Problem Solving adalah sebagai berikut: (1) Hasil validitas bahan ajar Articulate Storyline didapatkan presentase 87% sangat valid. (2) Hasil angket kepraktisan respon guru didapatkan persentase 92,5% dinyatakan sangat praktis. (3) Hasil Efektivitas bahan ajar Articulate Storyline dari nilai post test dengan rata-rata nilai siswa 89,4 dengan interval kepercayaan mencapai 95%.} }