@thesis{thesis, author={BASORI MUHAMAD and Nurhaliza Fara and SAHARI SUTRISNO}, title ={PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS FLIPBOOK PADA MATERI SIKLUS HIDUP HEWAN UNTUK SISWA KELAS 4 SDN BESOWO 4}, year={2023}, url={http://repository.unpkediri.ac.id/11967/}, abstract={Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil pengamatan yang telah dilakukan di kelas IV SDN Besowo 4 Kabupaten Kediri. Kurangnya variasi dalam mengajarkan materi siklus hidup hewan pada siswa kelas 4 SD. Hal ini dapat membuat siswa cepat bosan dan kurang tertarik untuk mempelajari materi pembelajaran tersebut. Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui kevalidan media pembelajaran modul berbasis flipbook pada materi siklus hidup hewan untuk siswa kelas 4 SD Besowo 4. 2) Untuk mengetahui kepraktisan media pembelajaran modul berbasis flipbook pada materi siklus hidup hewan untuk siswa kelas 4 SD Besowo 4. 3)Untuk mengetahui efektifitas media pembelajaran modul berbasis flipbook pada materi siklus hidup hewan untuk siswa kelas 4 SD Besowo 4. Penelitian pengemaban menghasilkan produk berupa modul berbasis flipbook pada materi siklus hidup hewan. Model pengembangan yang digunakan yaitu model pengembangan ADDIE yang mencangkup lima tahap yaitu 1) Tahap Analisis (Analysis) 2) Tahap Desain (Design) 3) Tahap pengembangan (Development) 4) Tahap Implementasi (Implementation) 5) Tahap Evaluasi (Evaluation). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 4 SDN Besowo 4 Kabupaten Kediri. Teknik pengumpulan data angket dan tes. Simpulan hasil penelitian Modul berbasis flipbook pada materi siklus hidup hewan untuk siswa kelas 4 SDN Besowo 4 Kabupaten Kediri dinyatakan sangat valid melalui tahap validasi yang dilakukan oleh validasi modul berbasis flipbook sebesar 93% dan dari validasi materi memperoleh persentase sebesar 86%, dari hasil gabungan dari ahli validasi modul dan materi memperoleh presentase sebesar 89,5% dinyatakan sangat valid dan sangat boleh digunakan. Untuk mengetahui kepraktisan memberikan angket respon guru yang memperoleh presentase sebesar 91%, sedangkan untuk angket respon siswa memperoleh presentase sebesar 92%. Untuk mengetahui keefektifan modul berbasis flipbook dapat dilihat dari hasil soal evaluasi nilai rata-rata soal evaluasi uji coba luas 90% telah melebihi KKM yanng sudah ditentukan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa modul berbasis flipbook efektif digunakan dalam pembelajaran} }