@thesis{thesis, author={Dinanta Verlian and MUARIFIN MOCH and WARYANTI ENDANG}, title ={FUNGSI TINDAK TUTUR EKSPRESIF DALAM VIDEO PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA AKUN YOUTUBE GALERI BAHASA}, year={2023}, url={http://repository.unpkediri.ac.id/11982/}, abstract={Wabah Covid-19 telah mendorong perubahan di berbagai bidang masyarakat, termasuk pendidikan dan kajian bahasa Indonesia. Perkembangan media pembelajaran yang ditawarkan melalui aplikasi YouTube terkena dampak kebijakan pembelajaran daring. Salah satu channel video pembelajaran bahasa Indonesia di YouTube adalah Galeri Bahasa. Video pembelajaran disampaikan dalam tindak tutur ekspresif yang menarik dan komunikatif dengan cara monolog. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk dan fungsi tindak tutur ekspresif dalam video YouTube Galeri Bahasa kategori pembelajaran bahasa Indonesia. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pragmatik karena objek yang dikaji ialah tindak tutur. Penelitian ini termasuk dalam jenis kualitatif deskriptif. Data tindak tutur ekspresif diperoleh dari video pembelajaran bahasa Indonesia pada akun Galeri Bahasa menggunakan teknik simak bebas libat cakap (SBLC) dengan pasangan teknik catat. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan model interaktif Miles dkk. (2014). Penelitian ini menemukan bentuk dan fungsi tindak tutur ekspresif yang lebih beragam seperti (1) bentuk tindak tutur ekspresif yang meliputi: tindak tutur langsung (berterima kasih, menyapa, meminta maaf, mengucapkan selamat, memotivasi, menggoda, berharap, dan mengeluh) dan tindak tutur tidak langsung (mengkritik dan menyindir), (2) analisis fungsi tindak tutur ekspresif yang meliputi: a) berterima kasih, b) menyapa, c) mengkritik, d) meminta maaf, e) mengucapkan selamat, f) menyindir, g) memotivasi, h) menggoda, i) harapan, dan j) mengeluh. Penelitian ini bertujuan untuk berkontribusi di bidang pragmatik, khususnya yang berkaitan dengan kajian tindak tutur ekspresif.} }