@thesis{thesis, author={Praseno Dhimas Dwi and WAHYUNIAR LILIA SINTA and WIDODO DANANG WAHYU}, title ={RANCANG BANGUN GAME EDUKASI PENGENALAN GAMBAR WAYANG KULIT SEBAGAI MEDIA PELESTARIAN BUDAYA TRADISIONAL}, year={2023}, url={http://repository.unpkediri.ac.id/12005/}, abstract={Kemajuan teknologi informasi yang pesat di berbagai bidang, termasuk komputer dan perangkat mobile, terutama dalam bidang multimedia, kebutuhan manusia terhadap teknologi semakin meningkat baik untuk tujuan pembelajaran maupun hiburan. Pewayangan yang begitu sulit untuk dikenal karena pertunjukan wayang sudah sangat jarang di era sekarang ini atau bahkan sudah tidak ada. Dan nama ? namanya sangat asing untuk sekarang ini dan bentuknya pun sangat rumit.Dari permasalahan tersebut peneliti tertarik untuk merancang sebuah game edukasi ?Pengenalan Wayang Kulit. Dengan tujuan merancang game edukasi ?Pengenalan Wayang Kulit? untuk mengenalkan wayang secara efektif,serta mempromosikan kebudayaan wayang kulit kepada masyarakat secara interaktif dan menarik berupa game.Hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti pembuat game ?Pengenalan Gambar Wayang? adalah game edukasi ?Pengenalan Gambar Wayang kulit.Hasil uji coba Blackbox pada game ?Pengenalan Gambar Wayang? semua berjalan dengan lancar, mulai dari fungsi tombol dan gameplay. Sedangkan untuk uji coba pengguna berhasil memperoleh rata-rata persentase nilai 85,90% dengan indicator kategori ?Sangat Baik?.} }