@thesis{thesis, author={IMRON ILMAWATI FAHMI and LAILA ALFI and Sari Hesti Novita}, title ={PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN CMC (CARD MATCH CIRCLE) MAPEL IPS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI BERBAGAI MACAM KEGIATAN EKONOMI KELAS IV SDN JAMBI KABUPATEN NGANJUK}, year={2023}, url={http://repository.unpkediri.ac.id/12089/}, abstract={Penelitian ini dilatarbelakangi hasil angket need assessment yang telah diberikan kepada guru pada tanggal 2 juni 2022 menunjukkan bahwa terjadi beberapa permasalahan pada materi berbagai bidang pekerjaan dan minimnya media pembelajaran yang digunakan. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui kevalidan media Card Match Circle dalam pembelajaran ilmu pengetahuan sosial kelas IV SDN Jambi, (2) Mengetahui keefektifan media Card Match Circle dalam pembelajaran ilmu pengetahuan sosial kelas IV SDN Jambi, (3) Mengetahui kepraktisan media Card Match Circle dalam pembelajaran ilmu pengetahuan sosial kelas IV SDN Jambi.Penelitian pengembangan ini menghasilkan produk media pembelajaran CMC (card match circle) mapel IPS untuk meningkatkan kemampuan mengidentifikasi berbagai macam kegiatan ekonomi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah R&D dengan model ADDIE yang terdiri dari tahapan (1) Analyze, (2) Design, (3) Development, (4) Implementation, dan (5) Evaluation. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Teknik analisis data yang digunakan berupa skala likert. Sumber data kevalidan diperoleh dari angket ahli pembelajaran, ahli konstruksi media dan ahli materi dalam media. Sumber data keefektifan diperoleh dari hasil evaluasi yang dibandingkan dengan KKM kemudian dicari ketuntasan klasikal, dan respon terhadap media diperoleh dari angket respon guru dan siswa. Hasil penelitian pengembangan media Card Match Circle sebagai berikut. (1) media Card Match Circle dinyatakan sangat valid dan baik digunakan dengan presentase skor dari validasi pembelajaran memperoleh skor 85%, validasi media memperoleh skor 90% dan validasi materi serta RPP pembelajaran memperoleh skor 95,5 % yang artinya masuk dalam kategori sangat valid (2) Hasil keefektifan media Card Match Circle pada uji terbatas memperoleh skor rata-rata sebesar 90 dan pada uji luas skor rata-rata sebesar 92,5 % yang artinya media masuk dalam kategori sangat efektif (3) Hasil respon guru terhadap media Card Match 92% dan respon siswa sebesar 94,5% yang artinya masuk dalam kategori sangat praktis digunakan dalam pembelajaran materi berbagai bidang pekerjaan.} }