@thesis{thesis, author={Kurniawan M. Fahmi and PUSPITONINGRUM ENCIL and SUJARWOKO SUJARWOKO}, title ={PENGARUH PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS PROSEDUR SISWA KELAS XI SMK PGRI 4 KEDIRI}, year={2023}, url={http://repository.unpkediri.ac.id/12109/}, abstract={Keterampilan menulis merupakan suatu kegiatan berbahasa yang sangat kompleks, karena pada saat menulis harus melibatkan berbagai aktivitas kognisi dan keterampilan tertentu dalam suatu proses menghasilkan sebuah teks tulisan yang berisi gagasan terpilih, informasi, fakta, dan hal lainya yang sebagai pola pikir seseorang. sehingga orang lain dapat mengetahui atau memahami isi pesan yang disampaikan berupa tulisan, hal ini akan dapat terjadinya komunikasi yang baik antara penulis dengan pembaca. Salah satu yang berpengaruh terhadap keberhasilan suatu proses keterampilan menulis adalah pengetahuan siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen. Desain yang digunakan pada penelitian ini adalah Quasi Experimental Design atau eksperimen semu. Desain ini merupakan pengembangan dari True Experimental Design. Pengumpulan data menggunakan tes menulis teks prosedur. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK PGRI 4 Kediri. Hasil penelitian diperoleh kelas yang mendapat perlakuan dengan model discovery learning menunjukkan bahwa hipotesis diterima, dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran discovery learning memiliki dampak yang positif dan signifikan terhadap kemampuan menulis teks prosedur di kelas XI SMK PGRI 4 Kediri pada tahun pelajaran 2022/2023.} }