@thesis{thesis, author={Anjani Redta and LAILIYAH NUR and SASONGKO SEMPU DWI}, title ={NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM FOKLOR DIWARISKAN SECARA TURUN MENURUN BERKAITAN DENGAN PERISTIWA SEJARAH LEGENDA GUNUNG KELUD}, year={2023}, url={http://repository.unpkediri.ac.id/12172/}, abstract={Penelitian ini dilator belakangi cerita rakyat Gunung Kelud Kabupaten Kediri Jawa Timur Kabupaten Kediri Provinsi Jawa Timur diyakini memiliki kearifan lokal dan nilai-nilai pendidikan karakter. Diharapkan dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan karakter generasi penerus bangsa. Penelitian ini menggunakan pendekatan sosiologi sastra dengan jenis penelitian kualitatif. Data dalam penelitian ini berupa potongan kalimat yang bersumber dari transkripsi teks video Kastari Animation yang diterbitkan oleh PT. Kastari Sentra Media. Adapun instrumen yang digunakan yaitu menggunakan kartu data dan tabel data. Penelitian ini dilaksanakan tiga tahapan, pertama persiapan, kedua pelaksanaan, dan ketiga pelaporan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik simak dan catat. Dari hasil pemaparan penelitian meingeinai beintuik-beintuik nilai peindidikan karakteir ceirita rakyat Leigeinda Guinuing Keiluid beirhuibuingan deingan Tuiha kateigori ikhlas diteimuikan seibanyak tiga data. Keimuidian nilai peindidikan kaitannya deingan diri seindiri diteimuikan seibanyak 27 data yang teirbagi atas seimbilan kateigori diantaranya yaitui, juijuir tiga data, bijak tiga data, teigas tiga data, keirja keiras tiga data, sabar duia data, uileit duia data, tangguingjawab tiga data, optimis duia data, dan disiplin tiga data. Seilanjuitnya nilai peindidikan karakteir yang beirhuibuingan deingan seisama didapatkan data seibanyak deilapan data teirdiri atas patuih pada orangtuia seibanyak tiga data, meinghormati dan meinghargai duia data, santuing tiga data, dan toleiransi duia data. Dari hasil peineilitian, nilai peindidikan karakteir dalam ceirita rakyat Leigeinda Guinuing Keiluid kateigori beirhuibuingan deingan Tuihan meinjadi kateigori yang meinyuimbang paling seidikit di antara duia kateigori lain. Hal itui kareina dalam ceirita rakyat Leigeinda Guinuing Keiluid tidak banyak digambarkan karakteir yang beirhuibuingan deingan Tuihan. Peindidikan karakteir dalam ceirita rakyat Leigeinda Guinuing Keiluid meimiliki kontribuisi dalam meimbantui geineirasi meingeimbangkan nilai-nilai eitika dan moral yang dibuituihkan uintuik beirhasil dalam keihiduipan. Kontribuisi teireibuit teirleitak pada kateigori nilai peindidikan karakteir beirhuibuingan deingan diri seindiri kateigori tangguing jawab seibagai uipaya dalam meiningkatkan karakteir seiseiorang. Dimana karakteir teirseibuit meimiliki fuingsi uintuik dipraktikkan keihiduipannya seihari-hari. Seilain itui peindidikan karakteir meimbeintuik keiceindeiruingan individui uintuik meimiliki karakteir yang baik dan beirguina bagi orang lain. Peindidikan karakteir di eira digital meimiliki peiran peinting dalam meimbantui geineirasi mengembangkan nilai-nilai eitika dan moral yang dibutuhkan uintuik beirhasil dalam kehidupan. Namun, tantangan yang dihadapi dalam meimpeirkeinalkan peindidikan karakteir di eira digital adalah adanya kontein digital yang teiruis beirkeimbang dan peingaruih meidia sosial yang dapat meiruisak nilai-nilai moral dan eitika seirta tidak teirtarik deingan peilajaran yang sifatnya konveinsional. Peingajaran teintang peindidikan karakteir ceirita rakyat dapat diinteigrasikan kei dalam peimbeilajaran onlinei seirta peingguinaan teknologi lainnya. Teiknologi dapat meinjadi alat yang eifeiktif uintuik meimbantui geineirasi muida beilajar teintang nilai-nilai moral dan eitika seicara inteiraktif dan meinarik pada ceirita rakyat. Peingguinaan platform pembelajaran onlinei dapat meimuingkinkan generasi muda untuk teirlibat dalam diskuisi dan keigiatan yang mempromosikan nilai-nilai moral dan eitika dalam ceirita rakyat, seihingga peiran teiknologi dalam peindidikan karakteir di eira digital sangat peinting. Deingan deimikian nilai peindidikan karakteir dalam yang disampaikan meilaluii cerita rakyat dapat teitap teirjaga deingan peirkeimbangan eira apapuin. Hasil penelitian mendapatkan data sebanyak 37 data yang terbagi atas, nilai pendidikan karakter berhubungan dengan Tuhan sebanyak 3 data, berhubungan dengan diri sendiri 27 data, dan berhubungan dengan sesama 8 data. Kontribusi nilai pendidikan karakter dalam cerita rakyat Legenda Gunung Kelud yaitu berhubungan dengan diri sendiri kategori tanggung jawab untuk membentuk kecenderungan seseorang dalam menjalankan tugas sehingga memiliki karakter yang baik dan berguna bagi orang lain. Kemudian relevansi cerita rakyat Legenda Gunung Kelud di era digital dapat diintegrasikan ke dalam pembelajaran online serta penggunaan teknologi lainnya. Teknologi dapat menjadi alat yang efektif untuk membantu generasi muda belajar tentang nilai-nilai moral dan etika secara interaktif dan menarik dalam mempelajari cerita rakyat.} }