@thesis{thesis, author={Aishah Sinta Nur and NURFAHRUDIANTO AAN and YOHANIE DIAN DEVITA}, title ={ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SOAL CERITA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF REFLEKTIF DAN IMPULSIF SISWA}, year={2023}, url={http://repository.unpkediri.ac.id/12213/}, abstract={Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena di lapangan saat observasi bahwa sebagian besar siswa masih mengalami kesulitan saat mengerjakan soal yang berkaitan dengan pemecahan masalah matematika. Kesulitan yang dialami siswa dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah bervariasi, antara lain kesulitan dalam memahami soal, mengubah soal ke dalam bahasa matematika, dan penerapan rumus yang kurang tepat. Kemampuan pemecahan masalah setiap siswa berbeda-beda karena dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya adalah gaya kognitif. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah siswa dalam menyelesaikan soal cerita program linear pada gaya kognitif reflektif, (2) untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah siswa dalam menyelesaikan soal cerita program linier pada gaya kognitif impulsif. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 4 orang siswa yang diambil dari kelas XI MIPA-2 SMA Negeri 3 Kediri, yaitu 2 siswa dengan gaya kognitif reflektif, dan 2 siswa dengan gaya kognitif impulsif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Kemampuan pemecahan masalah matematika siswa dengan gaya kognitif reflektif sangat baik atau bisa dikategorikan pada tingkatan keempat dimana subjek mampu melaksanakan empat tahap pemecahan masalah menurut Polya yaitu tahap memahami soal, menyusun rencana penyelesaian, melaksanakan rencana penyelesaian, dan tahap memeriksa kembali. (2) Kemampuan pemecahan masalah matematika dengan gaya kognitif impulsif masih kurang atau bisa dikategorikan berada pada tingkatan kedua kemampuan pemecahan masalah menurut Polya dimana subjek hanya mampu melaksanakan tahap memahami soal dan pada tahap merencanakan penyelesaian.} }