@thesis{thesis, author={Hidayah Nurul and WATI EPRITHA KURNIA and WIJAYA INTAN PRASTIHASTARI}, title ={PENGGUNAAN MEDIA NUMBER BLOCKS DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN TK IT AL AQSHA}, year={2023}, url={http://repository.unpkediri.ac.id/12310/}, abstract={Penelitian yang dilatar belakangi karena kurangnya perkembangan kognitif anak Penelitian ini dilakukan untuk lembanga yang kesulitan dalam mengembangkan aspek kognitif anak didiknya terutama pada aspek berhitung, membilang dan mengurutkan angka. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Kurangnya pemahaman anak dalam mengurutkan angka (2) Kurang mampunya anak dalam membilang angka (3) Kurang mampunya anak dalam berhitung angka 1-10 di kelompok TK A (4) Apakah media number blocks dapat digunakan sebagai sarana belajar anak didik dalam mengembangkan kognitifnya?. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian anak didik TK A di TK IT AL-AQSHA. Penelitian ini menggunakan tiga siklus penelitian dan menggunakan instrumen penelitian berupa lembar observasi, lembar penilaian dan RPP harian. Media number blocks ini ditujukan untuk meningkatkan kemampuan berhitung pada anak dan memudahkan pendidik dalam menyampaikan materi pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini yaitu meningkatkan perkembangan berhitung anak sehingga anak mampu mengenal dan memahami konsep angka dan bilangan dengan mudah. Hasil dari penelitian ini yakni sebesar ketuntasan belajar anak masih mencapai 88,71% atau sebagian besar dari jumlah anak didik, dan persentase anak yang belum tuntas hanya sebesar 14,2%, maka dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan penelitian dengan menggunakan media number blocks dapat meningkatkan kemampuan berhitung anak didik usia 4-5 tahun di TK IT AL-AQSHA.} }