@thesis{thesis, author={KASIH PATMI and SWANJAYA DANIEL and Widha Pratama Septian}, title ={APLIKASI BANTU PENGENALAN BINATANG UNTUK ANAK USIA DINI DENGAN AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID}, year={2020}, url={http://repository.unpkediri.ac.id/1234/}, abstract={Inovasi dan kreatifitas dalam pembelajaran untuk anak usia dini sangat dibutuhkan oleh pengajar dan pendidik anak usia dini termasuk inovasi dan kreatifitas dalam cara pembelajaran dan penyampaian materi belajar. Hal ini bertujuan memberikan pembelajaran yang menarik dan menyenangkan sehingga anak-anak dapat tertarik dengan pembelajaran tentang binatang. Salah satu inovasi yang dapat dipakai adalah memanfaatkan Augmented Reality menghasilkan media pembelajaran yang baru, menarik dan interaktif untuk anak usia dini. Augmented Reality merupakan teknologi yang mengabungkan benda maya dua dimensi dan atupun tiga dimensi kedalam sebuah lingkungan nyata tiga dimensi, lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam waktu nyata. Dalam media ini aplikasi berbasis android bernama Pengenalan Binatang dengan menggunakan teknologi Augmented Reality yang memiliki fitur menampilkan objek tiga dimensi, animasi gerak, dan suara. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah aplikasi ini dapat berjalan dengan bai dan dapat mereprsentasikan bentuk tiga dimensi menggunakan sistem operasi Android 4.1 Jelly Bean hingga yang terbaru Android 9.0 Pie. Aplikasi dapat berjalan lancar dengan spesifikasi RAM 1,5 Gb keatas, dari hasil pengujian menu AR dapat menemukan pola image target dan objek terlihat jelas sehingga menampilkan objek 3D mulai jarak 60 cm dengan sudut 0°.} }