@thesis{thesis, author={Kurniawan Frischa Angelline and NURFAHRUDIANTO AAN and YOHANIE DIAN DEVITA}, title ={ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS PADA SOAL MATERI STATISTIKA DITINJAU DARI HASIL BELAJAR SISWA}, year={2023}, url={http://repository.unpkediri.ac.id/12443/}, abstract={Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kritis, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Pada umumnya, semakin bervariasi pengalaman mereka, ada kecenderungan siswa lebih kritis dalam menyusun rencana penyelesaian suatu masalah. Tujuan penelitian pada penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis matematis pada siswa kelas XII TBSM 1 SMK PGRI 4 Kota Kediri yang memiliki hasil belajar rendah. (2) Untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis matematis pada siswa kelas XII TBSM 1 SMK PGRI 4 Kota Kediri yang memiliki hasil belajar sedang. (3) Untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis matematis pada siswa kelas XII TBSM 1 SMK PGRI 4 Kota Kediri yang memiliki hasil belajar tinggi. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan berfikir kritis pada siswa dalam memecahkan masalah soal cerita ditinjau dari hasil belajar siswa. Pemilihan kelas XII dikarenakan materi yang digunakan peneliti adalah Statistika yang mengacu pada kelas XII SMK PGRI 4 Kota Kediri. Subjek penelitian ini terdiri dari 3 orang siswa dengan hasil belajar rendah, sedang dan tinggi. Berdasarkan pembahasan dari hasil tes berpikir kritis siswa dalam memecahkan masalah soal materi statistika model cerita serta wawancara siswa pada kelas XII TBSM 1 SMK PGRI 4 Kota Kediri dapat diperoleh kesimpulan sebagai berikut : Analisis berpikir kritis siswa dalam memecahkan masalah matematika materi statistika (1) kategori hasil belajar rendah : secara keseluruhannya memenuhi lima indikator berpikir kritis yang disandingkan dengan tahapan pemecahan masalah matematika menurut Polya. (2) kategori hasil belajar sedang : secara keseluruhannya memenuhi lima berpikir kritis yang disandingkan dengan tahapan pemecahan masalah matematika menurut Polya. (3) kategori hasil belajar tinggi : secara keseluruhannya memenuhi enam indikator berpikir kritis yang disandingkan dengan tahapan pemecahan masalah matematika menurut Polya.} }