@thesis{thesis, author={AGRIVINNA MASRUROH YULI and NURMILAWATI MUMUN and ZUNAIDAH FARIDA NURLAILA}, title ={PENGEMBANGAN MEDIA POP UP BOOK MATERI DAUR AIR SEBAGAI UPAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS 5 SEKOLAH DASAR}, year={2023}, url={http://repository.unpkediri.ac.id/12487/}, abstract={Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi yang dilakukan di SD Negeri Wuluh 2 dan SD Negeri Jombatan 2. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan, diketahui bahwa pemahaman materi tentang daur air pada mata pelajaran tematik kelas 5 belum sesuai KKM. Diketahui penyebabnya karena saat kegiatan belajar mengajar guru tidak menggunakan media dan hanya menggunakan metode ceramah yang dibantu dengan LKS. Akibatnya siswa mengalami kesulitan untuk memahami materi yang disampaikan oleh guru. Sehingga permasalahan tersebut sangat berdampak pada hasil belajar siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana kevalidan produk pengembangan media pop up book tentang daur air kelas 5 sekolah dasar ? (2) Bagaimana keefektifan produk pengembangan media pop up book tentang daur air kelas 5 sekolah dasar ? (3) Bagaimana kepraktisan produk pengembangan media pop up book tentang daur air kelas 5 sekolah dasar ?. Penelitian ini menggunakan metode research and development (R&D). Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model ADDIE. Model ADDIE terdiri dari lima tahap yaitu: Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Metode dan model yang digunakan bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran pop up book guna mengetahui kevalidan, kepraktisan, dan keefektifannya. Hasilnya adalah sebagai berikut (1) Media pembelajaran pop up book divalidasi kepada ahli media dan materi dengan prsentase sebesar 82%, dari ahli media dan 82% hasil validasi dari ahli materi. Selanjutnya hasil dari kedua validator tersebut dihitung rata-rata hingga mengahasilkan skor sebesar 82%, sehingga pop up book dikatakan sangat valid untuk digunakan. (2) Pop Up Book di uji kepraktisannya melalui angket yang diisi oleh guru dan siswa kelas 5. Hasil dari guru yaitu sebesar 82% dan siswa sebesar 90%. Selanjutnya dihitung rata-rata kepraktisan dari guru dan siswa kelas 5 menghasilkan skor kepraktisan sebesar 86%, maka pop up book sangat praktis untuk digunakan. (3) Pop Up Book di uji keefektifannya melalui soal evaluasi yang berikan kepada siswa kelas 5. Rata-rata diperoleh yaitu sebesar 85 sedangkan KKM kelas 5 adalah 75 maka pop up book meningkatkan pemahaman siswa. Hasil ketuntasan klasikalnya sebesar 85%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah media pembelajaran pop up book yang dikembangkan telah memenuhi tiga kriteria yaitu kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan.} }