@thesis{thesis, author={KATMININGSIH YUNI and Sudarmawan Warta and WIDODO SURYO}, title ={IMPLEMENTASI ASESMEN AUTENTIK DALAM KURIKULUM MERDEKA BELAJAR PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SMP KALIJOGO WATES}, year={2023}, url={http://repository.unpkediri.ac.id/12497/}, abstract={Asesmen autentik dalam kurikulum Merdeka Belajar merupakan asesmen yang digunakan untuk mengukur capaian kompetensi peserta didik secara lebih tepat dan nyata dengan menyesuaikan jenis serta fungsi asesmen autentik yang meliputi asesmen pada akhir proses pembelajaran (assessment of learning), asesmen untuk proses pembelajaran (assessment for learning), dan asesmen sebagai proses pembelajaran (assessment as learning). Serta asesmen autentik dalam kurikulum Merdeka Belajar menggunakan pendekatan asesmen formatif dan sumatif. Kemudian, tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan implementasi asesmen autentik dalam kurikulum merdeka pada pembelajaran Matematika di SMP Kalijogo Wates serta hambatan yang ditemui dalam implementasi asesmen autentik kurikulum Merdeka Belajar pada pembelajaran Matematika di SMP Kalijogo Wates. Sumber dalam penelitian ini adalah seorang pengajar Matematika di SMP Kalijogo Wates. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pedoman wawancara, lembar observasi, dan dokumen tertulis maupun gambar. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa pengajar dalam mengimplementasikan asesmen autentik pada pembelajaran Matematika sudah berjalan dengan lancar. Pengajar menggunakan beragam teknik asesmen autentik berdasarkan jenis dan fungsinnya dalam asesmen pada akhir proses pembelajaran, untuk proses pembelajaran, dan sebagai proses pembelajaran. Namun dalam proses pengimplementasian, pengajar masih menemukan berbagai hambatan. Hambatan yang ditemui diklasifikasikan menjadi tiga jenis hambatan yaitu hambatan pengajar, peserta didik, dan waktu. Meskipun masih ditemukan beragam hambatan, pengajar tetap berupaya untuk mengatasi hambatan-hambatan tersebut salah satunya pada hambatan waktu pengajar berupaya menyiapkan kebutuhan bahan ajar jauh hari sebelum digunakan.} }