@thesis{thesis, author={KRISPHIANTI YUANITA DWI and SETYAPUTRI NORA YUNIAR and SUKMADEVA DANASTYA NURDWI}, title ={BOARD GAME ANTABOGA: MEDIA PERMAINAN BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK MENINGKATKAN SELF CONFIDENCE SISWA}, year={2023}, url={http://repository.unpkediri.ac.id/12503/}, abstract={Indonesia adalah negara yang penuh dengan kekayaan, salah satunya adalah keberaneka ragaman budaya. Budaya disetiap daerah memiliki ciri khas yang berbeda dan budaya sudah erat dengan masyarakat Indonesia. Salah satu contoh budaya adalah kebudayaan wayang. Tokoh pewayangan Sang Hyang Antaboga, tokoh ini merupakan tokoh yang bijaksana suka menolong, berani serta bertanggung jawab dan tokoh ini digambarkan melalui media permainan untuk meningkatkan Self Cinfidence siswa yang masih rendah, melalui permainan ini diharapkan siswa mampu meningkatkan Self Confidence yang rendah sehingga nantinya bisa memiliki Self Confidence yang jauh lebih baik seperti karakter Sang Hyang Antaboga dalam bentuk sebuah permainan. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode Borg And Gall dengan hanya 7 tahapan dan hasil uji media menggunakan uji intereter yang sudah dilakukan dengan penguji 2 ahli materi dan penguji 2 ahli media mendapat hasil dari 10 indikator dalam uji ahli ke 10 nya mendapatkan skor D dan hasil untuk 23 indikator uji media mendapatkan hasil yang sama yaitu D atau mendapat relevansi tinggi dari kedua ahli. Dengan demikian Jika relevansi tinggi dari kedua ahli maka media Anataboga layak digunakan sebagai layanan media BK, dan untuk tahapan selanjutnya bisa dilanjukan dengan uji media pada kelompok kecil.} }