@thesis{thesis, author={AFANDI TJETJEP YUSUF and Sari Kiky Zuliana and SURINDRA BAYU}, title ={PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG METODE MENGAJAR GURU DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK PGRI 3 KEDIRI}, year={2020}, url={http://repository.unpkediri.ac.id/1301/}, abstract={Kata kunci: Persepsi Siswa Tentang Metode Mengajar Guru, Kemandirian Belajar, dan Hasil Belajar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang metode mengajar guru dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar akuntansi pada siswa SMK PGRI 3 Kediri. Dalam penelitian ini teknik penelitian menggunakan metode angket/kuesioner dan dokumentasi dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan sampel dengan menggunakan pendekatan probability sampling dengan jumlah sampel sebanyak 25 siswa. Teknis analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda, analisis koefisien determinasi dan uji hipotesis dengan bantuan SPSS 23. Hasil penelitian yang dilakukan dengan tingkat signifikan 0,000 < 0,05 menunjukkan pengaruh persepsi siswa tentang metode mengajar guru dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar akuntansi pada siswa SMK PGRI 3 Kediri. Didapatkan persamaan regresi berganda Y = 77,947 + 2,050X1 + 1,573X2 yang berarti nilai contant (a) 77,947, variabel metode mengajar guru (b) adalah 2,050, dan variabel kemandirian belajar adalah 1,573. Berdasarkan hasil tersebut kategori kuat. Berdasarkan hasil uji t hitung metode mengajar guru sebesar 3,395 dan kemandirian belajar sebesar 4,836 lebih besar dari t tabel sebesar 2,060 dan nilai signifikan metode mengajar guru sebesar 0,033 dan kemandirian belajar sebesar 0,041 yang artinya dibawah 0,05 dapat dikatakan terdapat pengaruh positif dan signifikan. Berdasarkan uji F hitung metode mengajar guru dan kemandirin belajar terhadap hasil sebesar 4,945 artinya lebih besar dari F tabel sebesar 3,39 dan nilai signifikan sebesar 0,035 yang artinya lebih kecil dari 0,05 dapat dikatan terdapat pengaruh positif dan signifikan. Koefisien determinasi dari penelitian ini bahwa pengaruh variabel bebas metode mengajar guru dan kemandirian belajar terhadap variabel dependen hasil belajar adalah 78%, sedangkan sisanya 22% dipengaruhi oleh faktor lain. Dalam hal ini koefisien determinasi tersebut memiliki kategori kuat. Kesimpulan dari hasil penelitian ini yaitu bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan persepsi siswa tentang metode mengajar guru dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar akuntansi pada siswa SMK PGRI 3 Kediri.} }