@thesis{thesis, author={LESTARININGRUM ANIK and NUGROHO ISFAUZI HADI and Wahyuningtyas Dedek}, title ={PENERAPAN KEGIATAN "PAPER QUILLING" UNTUK KETERAMPILAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 5-6 TAHUN}, year={2020}, url={http://repository.unpkediri.ac.id/378/}, abstract={Permasalahan yang dihadapi oleh anak terkait motorik halus khususnya saat koordinasi otot-otot kecil untuk melakukan aktivitas sehari-hari adalah saat menggambar menggunakan alat tulis secara benar masih ada mengenggam pensil, menggunting juga belum terlalu terampil, mengekspresikan gerakan secara detail sementara anak seharusnya standart usia 5-6 tahun pencapaian tersebut sudah baik. Menyikapi permasalahan ini ditemukan kegiatan Paper Quilling yang dirancang oleh guru menggunakan bahan baku sederhana yang dimiliki di sekitar anak kemudian dilakukan dengan konsep bermain kreatif ternyata menimbulkan minat anak lebih baik berproses keterampilan meningkat. Tujuan penelitian ini akan mendeskripsikan bagaimana hasil perkembangan keterampilan motorik halus setelah menggunakan kegiatan Paper Quilling khususnya pada anak didik usia 5-6 tahun. Desain penelitian yang digunakan deskriptif kualitatif dengan teknik penilaian menggunakan observasi/pengamatan dan dokumentasi dimana instrument observasi dikembangkan mengacu pada STPPA aspek motorik halus anak usia 5-6 tahun. Subyek penelitian anak Kelompok B TK Pertiwi 2 Sidoarjo Kabupaten Nganjuk sejumlah 13 anak. Hasil data setelah terkumpul dianalisis menggunakan triakulasi data kemudian di deskripsikan secara narasi dengan mengkaji supaya dapat dijabarkan keterampilan motorik halus yang telah tercapai. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa peningkatan keterampilan anak pada aspek motorik halus dapat ditingkatkan dengan menggunakan kegiatan Paper Quilling. Dari hasil penelitian ini direkomendasikan untuk kegiatan Paper Quilling dapat digunakan lembaga lain untuk selanjutnya di akomodasi penerapan disesuaikan dengan tahapan perkembangan anak karena terbukti efektif.} }