@thesis{thesis, author={ISWANTININGTYAS VENY and NUR HIDAYAH ANA and RIDWAN RIDWAN}, title ={STRATEGI PENGEMBANGAN KEMAMPUAN MEMBACA ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI PERMAINAN ULAR TANGGA}, year={2020}, url={http://repository.unpkediri.ac.id/421/}, abstract={Permasalahan yang dihadapi pada penelitian ini adalah kemampuan membaca anak usia 4-5 tahun masih rendah, hal tersebut disebabkan oleh guru cenderung menggunakan strategi pembelajaran klasik ketika menggenalkan huruf atau kata. Untuk mengembangkan kemampuan membaca anak usia 4-5 tahun harus disesuaikan dengan karakteristik anak usia dini yaitu belajar melalui bermain. Salah satu bentuk stimulasi permainan yang mampu mengembangkan kemampuan membaca anak adalah permainan ular tangga, dengan menggunakan permainan ular tangga dalam pembelajaran diharapkan kemampuan membaca anak 4-5 tahun akan berkembang optimal. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan, adapun desain penelitian yang dipergunakan berbentuk siklus yang mengacu pada model Kemmis dan Mc Taggrat dengan langkah-langkahnya sebagai berikut : 1) perencanaan, 2) tindakan, 3) pengamatan, 4) refleksi. Pada penelitian kali ini hanya sampai pada tahap perencana yaitu membuat RRPM, RPPH dan permainan ular tangga yang telah dimodifikasi oleh peneliti untuk mengembangkan kemampuan membaca pada anak usia 4-5 tahun, kemudian perangkat pembelajaran tersebut divalidasi oleh ahli dan dinyatakan memenuhi aspek praktis sehingga layak digunakan untuk mengembangkan kemampuan membaca anak usia 4-5 tahun. Populasi dalam penelitian ini adalah anak usia 4-5 tahun di TK Dharma Wanita I Rowoharjo Nganjuk tahun ajaran 2019/2020, dengan mengambil sampel 18 anak yang terdiri dari 11 anak laki-laki dan 7 anak perempuan.} }