@thesis{thesis, author={Bambang Soenarko and Erif Ahdhianto and Kartika Dwijayanti}, title ={MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA TENTANG PENYELESAIAN MASALAH FPB DAN KPK}, year={2020}, url={http://repository.unpkediri.ac.id/460/}, abstract={Materi FPB dan KPK adalah salah satu kajian inti dari materi matematika yang dipelajari siswa SD. Pembelajaran matematika berkenaan pada pola deduktif yang menuntut guru memiliki pengetahuan professional melalui kegiatan yang berhubungan dengan pola pikir kritis, kreatif, dan sistematis. Oleh karena itu pembelajaran matematika khususnya FPB dan KPK, guru dapat menerapkan model pembelajaran yang dapat membangun pola pikir kritis dan kreatif pada siswa. Dari beberapa model pembelajaran yang dipertimbangkan sesuai dengan pembelajaran matematika yaitu model pembelajaran Problem Solving. Model pembelajaran Problem Solving adalah model pembelajaran pemecahan masalah. Dengan model Problem Solving siswa dapat lebih mudah menyelesaikan masalah pada pembelajaran matematika dengan strategi yang dibuat sendiri. Langkah-langkah menyelesaikan pembelajaran matematika dengan menggunakan model Problem Solving milik Polya adalah sebagai berikut: 1) memahami masalah, 2) membuat rencana pemecahan masalah, 3) melaksanakan rencana pemecahan masalah, 4) memeriksa kembali jawaban.} }