@thesis{thesis, author={FIANTIKA FENY RITA and Jatmiko Jatmiko and Zhoga Elgie Firdyan Eka}, title ={REPRESENTASI MATEMATIK SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERMEDIA GAMELAN}, year={2020}, url={http://repository.unpkediri.ac.id/922/}, abstract={Elgie Firdyan Eka Zhoga : REPRESENTASI MATEMATIK SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING BERMEDIA GAMELAN, Pendidikan Matematika, FIKS UN PGRI Kediri, 2020 Kata Kunci : Representasi, Discovery Learning dan Media Gamelan Pendidikan memiliki peranan penting dalam mempersiapkan kebutuhan dimasa yang akan datang guna untuk meningkatkan kemampuan yang dimiliki siswa. Dalam dunia pendidikan kemampuan representasi matematik merupakan syarat yang harus dimiliki oleh siswa, karena representasi matematik sangat diperlukan dalam pemahaman konsep maupun penyelesaian masalah matematika. Pembelajaran disekolah guru bisa menggunakan salah satu model pembelajaran discovery learning untuk mengetahui kompetensi representasi matematik yang dimiliki siswanya dan juga agar para siswa mampu aktif dan kreatif. Dalam pembelajaran discovery learning bisa saja mengkolaborasikan dengan kebudayaan yang ada dilingkungan sekitar melalui media yaitu gamelan. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan masing-masing kemampuan representasi matematik siswa dengan kemampuan tinggi, kemampuan representasi matematik siswa dengan kemampuan sedang maupun kemampuan representasi matematik siswa dengan kemampuan rendah. Subyek pada penelitian ini yaitu 3 siswa dengan masing-masing kemampuan representasi matematik tinggi, sedang maupun rendah yang diambil dari 4 sekolah dasar yang berbeda dari hasil tes tulis mereka. Kemudian dari 12 siswa yang diambil dari 4 sekolah yang berbeda diseleksi lagi sesuai nilai hasil tes tulis, serta dengan menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dimana mendeskripsikan peristiwa serta peneliti berperan aktif untuk mendapatkan data yang diinginkan. Hasil yang diperoleh bahwasannya siswa yang berkemampuan representasi matematik tinggi mampu untuk memenuhi disetiap indikator representasi matematik yang sudah diberikan melalui permasalahan. Untuk siswa yang berkemampuan representasi matematik sedang masih ada sedikit indikator yang belum mampu untuk melengkapi yang ada dipermasalahan. Sedangkan pada siswa yang berkemampuan representasi matematik rendah masih banyak indikator yang belum mampu dilengkapi disetiap indikatornya.} }