@thesis{thesis, author={Fembrianto Dading Kurnia and WAHYUDI WAHYUDI and ZAMAN WAHID IBNU}, title ={MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENGANALISIS PENGARUH KALOR TERHADAP PERUBAHAN SUHU DAN WUJUD BENDA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI PADA TEMA 7 SUBTEMA 1 KELAS V}, year={2020}, url={http://repository.unpkediri.ac.id/925/}, abstract={Pendidikan merupakan usaha masyarakat dan bangsa dalam mempersiapkan generasi muda bagi keberlangsungan kehidupan masyarakat dan bangsa yang lebih baik di masa depan. Salah satu pendidikan yang ada di sekolah dasar adalah pendidikan IPA. Tujuan-tujuan pendidikan IPA yaitu memberikan pengetahuan kepada siswa tentang dunia tempat hidup dan bagaimana bersikap; menanamkan sikap ilmiah; memberikan keterampilan untuk melakukan pengamatan; mendidik siswa untuk mengenal, mengetahui cara kerja serta menghargai para ilmuwan penemunya; serta menggunakan dan menerapkan metode ilmiah dalam memecahkan permasalahan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengkaji model Contextual Teaching And Learning (CTL) terhadap kemampuan menganalisis pengaruh kalor terhadap perubahan suhu dan wujud benda dalam kehidupan sehari-hari pada tema 7 subtema 1. Metode penelitian yang digunakan pada artikel ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang dilaksanakan melalui lima tahap, yaitu: (1) Pengumpulan data; (2) Penentuan sampel; (3) Pencatatan data; (4) Reduksi; dan (5) Penarikan kesimpulan. Sumber data dalam artikel ini adalah jurnal dan buku yang berkaitan dengan model Contextual Teaching And Learning (CTL) materi IPA. Data tersebut memberikan gambaran mengenai hasil belajar menganalisis pengaruh kalor terhadap perubahan suhu dan wujud benda dalam kehidupan sehari-hari. Kesimpulan artikel menunjukkan bahwa: penerapan model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) cocok digunakan pada kemampuan menganalisis pengaruh kalor terhadap perubahan suhu dan wujud benda dalam kehidupan sehari-hari pada tema 7 subtema 1 mata pelajaran IPA. Dengan menggunakan model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) pada siswa menjadi aktif dan kreatif, serta dapat membangun pemahaman siswa pada proses pembelajaran.} }