@thesis{thesis, author={Sugianto Asbari}, title ={STUDI TINGKAT KEBERHASILAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI}, year={2020}, url={http://repository.unsimar.ac.id/1149/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keberhasilan pembelaran Jiqsaw terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada Mata Pelajaran Biologi, jenis penelitian ini adalah library research. Data penelitian ini bersumber dari data sekunder yang lima tahun terakhir. teknik analisis datanya melalui reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Temuan hasil penelitian pada jurnal menunjukkan bahwa model pembelajaran tipe jigsaw dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada pelajaran IPA biologi dengan rata-rata tingkat keberhasilan antara 85-88%, hal ini berdasarkan pada kajian jurnal yang telah dipaparkan, sehingga model pembelajaran ini layak dicoba untuk diaplikasikan dalam proses pembelajaran IPA biologi, sehingga model pembelajaran ini layak dicoba untuk diaplikasikan dalam proses pembelajaran konsep IPA. Berdasarkan hasil penelitian pada jurnal tersebut peneliti menyarankan kepada Guru IPA, hendaknya memilih model pembelajaran yang tepat dan efektif khususnya model pembelajaran tipe jigsaw dalam pada setiap melaksanakan proses pembelajaran, agar kemampuan berpikir kritis siswa dapat meningkat yang tentunya akan berdampak pada hasil belajarnya.} }