@thesis{thesis, author={Sari Lisna}, title ={PENGARUH MODEL PEMBELAJARANPROBLEMSOLVINGTERHADAPKEMAMP UANBERPIKIR KREATIF SISWA PADAKONSEP PENCEMARANLINGKUNGAN KELAS VII SMPNEGERI 5 POSO}, year={2023}, url={https://repository.unsimar.ac.id/1695/}, abstract={Penelitian ini bertujuanuntukmenjelaskan pengaruh model pembelajaran problem solving terhadap kemampuan berfikir kreatif siswa pada konsep pencemaran lingkungan kelas VII SMP Negeri 5 Poso.Jenis penelitian ini menggunakan pre eksperimental design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 12 orang. Sampel penelitian ini menggunakan total sampling yaitu 12 orang siswa. Analisis data penelitianini menggunakan rumus uji t. Temuanhasilpenelitiandiperolehkemampuan berpikir kreatif siswa berbeda-beda, dari 12 orang siswa terdapat 2 orang siswa dengan kategori berpikir kreatif, 6 orang siswa dengan kategori berpikir cukup kreatif dan 4 orang siswa berada pada kategori kurang kreatif.Secara keseluruhan siswa berada pada kategori cukup kreatif selain itu nilai thitung>ttabel yaitu 8,718 > 1,734, sehingga H0 ditolak dan menerima Ha. Dengan demikian disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran problem solving terhadap kemampuan berfikir kreatif siswa pada konsep pencemaran lingkungan kelas VII SMP Negeri 5 Poso.} }