@thesis{thesis, author={Binangkari Siti Hardianti}, title ={PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DEMONSTRASI BERBASIS PENDIDIKAN KARAKTER TERHADAP PENGUASAAN MATERI POKOK ALAT-ALAT OPTIK PADA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 TOJO}, year={2018}, url={http://repository.unsimar.ac.id/227/}, abstract={Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Metode Pembelajaran Demonstrasi Berbasis Pendidikan Karakter terhadap Penguasaan Materi Pokok Alat-alat Optik pada Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 2 Tojo. Metode yang digunakan adalah kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara "simple random sampling" dengan populasi penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Tojo. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIII C yang berjumlah 22 siswa sebagai kelas eksperimen dan VIII A yang berjumlah 22 orang sebagai kelas kontrol. Analisis data dilakukan secara statistik dengan menggunakan rumus uji-t. Temuan- hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata siswa yang meningkat dengan menggunakan metode pembelajaran demonstrasi yaitu 86,13 sedangkan metode konvensional yaitu 76,90. Hasil perhitungan dengan uji-t diperoleh nilai thitung =/2,578 danr ttabel = 2,018. Sehingga, nilai thitung (2,578) > ttabel (2,018). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh metode pembelajaran demonstrasi berbasis pendidikan karakter terhadap penguasaan materi pokok alat-alat optik pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Tojo.} }