@thesis{thesis, author={Risnawati Ni Putu Ayu}, title ={PENGARUH METODE PROBLEM SOLVING TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPA SISWA KELAS VIII TENTANG KONSEP SISTEM PENCEMAAN PADA MANUSIA DI SMP NEGERI 3 POSO PESISIR UTARA}, year={2017}, url={http://repository.unsimar.ac.id/816/}, abstract={Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh metode Problem Solving terhadap prestasi belajar IPA siswa kelas VIII tentang konsep Sistem Pencernaan pada Manusia di SMP Negeri 3 Poso Pesisir Utara. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu (quasy eksperimen) dengan desain Pretest-Posttest Group Design. Adapun sampel dalam penelitian ini yaitu dipilih dengan teknik Purposive sampling, sehingga terpilih dua kelas yang dibagi menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan jumlah 49 siswa. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah skor hasil pretest-postest yang dianalisis dengan teknik Uji-t. Temuan hasil penelitian diperoleh nilai thitung sebesar 2,01 dan nilai ttabel sebaesar 1,67 dengan taraf nyata 5%. Nilai tersebut menunjukkan bahwa thitung>ttabel atau 2,01>1,67, sehingga Hipotesis nol (Ho) yaitu tidak ada pengaruh metode problem solving terhadap prestasi belajar IPA siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Poso Pesisir Utara pada mated sistem pencernaan ditolak dan Hipotesis alternatif (Ha) yaitu ada pengaruh metode problem solving terhadap prestasi belajar IPA siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Poso Pesisir Utara pada materi sistem pencernaan diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh metode Problem Solving terhadap prestasi belajar IPA siswa kelas VIII tentang konsep sistem pencernaan pada manusia di SMP Negeri 3 Poso Pesisir Utara.} }