@thesis{thesis, author={Rahayu Ardiani}, title ={PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROLE PLAY PADA KONSEP EKOSISTEM TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X DI SMA NEGERI I POSO KOTA UTARA}, year={2017}, url={http://repository.unsimar.ac.id/821/}, abstract={Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Role Play pada konsep ekosistem terhadap hasil belajar siswa kelas X di SMA Negeri I Poso Kota Utara. Metode yang digunakan adalah kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara "purposive sampling" dengan populasi penelitian ini adalah keseluruhan siswa SMA Negeri I poso kota utara tahun ajaran 2016/2017 dan sampel dalam penelitian ini adalah kelas X MIAA yang berjumlah 30 orang dan kelas X MIAC berjumlah 30 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, mengajar langsung dan tes. Analisis data yang digunakan yaitu, uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Temuan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata siswa meningkat dengan menggunakan model pembelajaran Role play di bandingkan model pembelajaran ceramah dengan nilai rata-rata 81,73 pada kelas ekperimen dengan menggunakan model pembelajaran Role Play dan 72,6 pada kelas kontrol dengan menggunkan model pembelajaran ceramah. Dengan demikian diperoleh nilai twtung sebesar 6,00 dan ttabei dengan taraf signifikasi 5% db 59 sebesar 1,67. Sehingga, nilai thttung > ttabei (6,00 > 1,67). Sehingga, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Role Play pada konsep ekosistem terhadap hasil belajar siswa di SMA Negeri 1 Poso Kota Utara.} }