@thesis{thesis, author={Nurlinda Nurlinda}, title ={ANALISIS PENGGUNAAN METODE ACTIVITY BASED COSTING SEBAGAI ALTERNATIF DALAM MENENTUKAN TARIF BIAYA PENDIDIKAN MADRASAH ALIYAH TOJO BARAT}, year={2020}, url={http://repository.unsimar.ac.id/953/}, abstract={Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan metode Activity Based Costing Dalam Menentukan Tarif Biaya Pendidikan Pada Madrasah Aliyah Tojo Barat. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Jenis data yang diambil adalah data primer dan data sekunder, yang diperoleh melalui observasi dan wawancara dari objek yang relevan dengan penelitian ini. Populasi adalah seluruh data keuangan yang ada di Madrasah Aliyah Tojo Barat, dan sampel adalah data keuangan tahun 2019. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini Menghitung harga pokok kelas menggunakan sistem konvensional, Menghitung harga pokok kelas menggunakan sistem Activity Based Costing (ABC), dan Perbandingan sistem Akuntansi konvensional dengan sistem Activity Based Costing dalam penetapan tarif Madrasah Aliyah Tojo Barat. Berdasarkan hasil penelitian maka yang perlu digunakan adalah perhitungan tarif kelas menggunakan sistem pembiayaan berdasarkan Activity Based Costing (ABC). Sistem Activity Based Costing (ABC) dapat memberikan perincian biaya yang lebih akurat terhadap perhitungan tarif kelas dibandingkan dengan perhitungan menggunakan metode konvensional. Hasil perhitungan menggunakan sistem Activity based costing terdapat selisih harga yang lebih tinggi dibandingkan dengan sistem konvensional pada kelas X IPA sebesar Rp.22.240 atau sebesar (0,01%,) XI IPS I sebesar Rp.78.454,14 atau sebesar ( 2,77%) dan juga pada kelas XI IPS 2 sebesar Rp. 78.454,14 atau sebesar (2,77%). Sedangkan untuk sistem activity based costing pada kelas X IPS dan kelas XII IPS terdapat selisih harga yang lebih rendah dibandingkan dengan metode konvensional yaitu X IPS sebesar Rp.32.202,93 atau 1,42% dan XII IPS Rp. 45.697,56 atau 2,07%.} }