@thesis{thesis, author={NUARI Pasha Dwi}, title ={Pengaruh E-Commerce, Literasi Keuangan, dan Sistem Informasi Akuntansi terhadap Kinerja UKM Jasa di Kabupaten Banyumas}, year={2021}, url={http://repository.unsoed.ac.id/10074/}, abstract={Keberadaan UKM selama ini menjadi tumpuan untuk menghasilkan nilai tambah, penciptaan lapangan kerja, dan sumber devisa. Oleh karena itu UKM menjadi sektor ekonomi penting dalam persaingan ekonomi nasional dan internasional. Demikian pula dengan keberadaan UKM di Kabupaten Banyumas, yang mempunyai peranan sangat penting dalam penyerapan tenaga kerja dan pertumbuhan ekonomi kerakyatan setempat. UKM mengalami pertumbuhan yang pesat, setiap tahun jumlah UKM semakin meningkat berakibat pada semakin ketatnya persaingan antara UKM. Oleh karena itu, UKM harus senantiasa meningkatkan kinerjanya sehingga dapat mempertahankan kelangsungan hidupnya di tengah pesatnya perkembangan teknologi informasi. Kinerja UKM dipengaruhi oleh banyak faktor, diantaranya adalah faktor pemanfaatan e-commerce, literasi keuangan dan Sistem Informasi Akuntansi (SIA). Penelitian ini berjudul ?Pengaruh E-Commerce, Literasi Keuangan, dan Sistem Informasi Akuntansi Terhadap Kinerja UKM di Kabupaten Banyumas?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh e-commerce, literasi keuangan, dan sistem informasi akuntansi terhadap kinerja UKM Kabupaten Banyumas. Penelitian ini menggunakan Theory of Planned Behavior (Teori Perilaku Terencana). Pada teori inimenjelaskan bahwa Theory of Planned Behavior (Teori Perilaku Terencana) menghubungkan keyakinan (belief), sikap (attitude), kehendak/niat (intention) dan perilaku (behavior) UKM untuk melakukan usahanya dengan mengimplementasikan e-commerce, literasi keuangan dan sistem informasi akuntansi guna meningkatkan kinerja UKM. TPB dikaitkan dengan penggunaan e-commerce yaitu: pelaku UMKM yang memiliki keyakinan bahwa kinerja UKM akan meningkat bila menggunakan e-commerce bukan hanya dalam pemasaran tapi juga dalam transaksinya, akan memiliki sikap yang menunjukkan penerimaan untuk menggunakan e-commerce, kemudian memiliki niat untuk menggunakan e-commerce lalu meningkat menjadi perilaku, yaitu menggunakan e-commerce dalam menjalankan usahanya. TPB dikaitkan dengan literasi keuangan, yaitu: pelaku UMKM yang memiliki keyakinan bahwa kinerja UKMnya bisa mengalami peningkatan bila memiliki literasi keuangan yang sesuai dengan kebutuhan usahanya, lalu akan memiliki sikap menerima terhadap literasi keuangan, kemudian berniat menggunakan literasi keuangan dalam usahanya, lalu meningkat menjadi perilaku yaitu menggunakan literasi keuangan dalam usahanya dengan mengakses literasi keuangan dari berbagai lembaga keuangan yang sesuai dengan kebutuhannya. TPB dikaitkan dengan sistem informasi akuntansi, yaitu: pelaku UKM yang yakin bila kinerja UKM akan mengalami peningkatan apabila memiliki sistem informasi akuntansi, maka akan memiliki sikap menerima untuk menerapkan sistem informasi akuntansi dalam usahanya, selanjutnya berniat menggunakan sistem informasi akuntansi, lalu meningkat menjadi perilaku yaitu menggunakan sistem informasi akuntansi dalam usahanya dengan membuat laporan keuangan secara lengkap dan menggunakan informasi akuntansi UKM tersebut untuk tujuan internal maupun eksternal lebih untuk meningkatkan usaha. Tujuan internal misalnya memperbaiki laporan keuangan, peningkatan penjualan, atau meningkatkan pendapatan UKM. Tujuan eksternal misalnya untuk mengakses literasi keuangan seperti mencari investor, mendapatkan pinjaman ke lembaga keuangan, mendapatkan bantuan modal dari dinas-dinas pemerintah yang terkait. Hipotesis yang dirumuskan pada penelitian ini yaitu e-commerce berpengaruh positif terhadap kinerja UKM (H1), literasi keuangan berpengaruh positif terhadap kinerja UKM (H2), dan sistem informasi akuntansi berpengaruh positif terhadap kinerja UKM (H3). Jenis penelitian ini adalah studi survey dengan metode pendekatan deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian adalah pemilik atau pengelola UKM sektor jasa di Kabupaten Banyumas. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh langsung dari responden melalui kuesioner dan data sekunder yang diperoleh dari buku literatur, jurnal penelitian, artikel ilmiah, arsip atau dokumen dari instansi terkait, dan dari internet.Sampel dipilih menggunakan teknik Simple Random Sampling. Uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik (normalitas, multikolinieritas, heterokedastisitas), analisis regresi linier berganda, uji goodness of fit, uji koefisien determinasi, dan uji hipotesis sebagai metode analisisnya. Hasil penelitian dengan ? = 0,05 diperoleh kesimpulan sebagai berikut: 1) E-commerce berpengaruh positif terhadap kinerja UKM sektor jasa di wilayah kabupaten Banyumas, 2) Literasi keuangan berpengaruh positif terhadap kinerja UKM sektor jasa di wilayah kabupaten Banyumas, 3) Sistem informasi akuntansi berpengaruh positif terhadap kinerja UKM sektor jasa di wilayah kabupaten Banyumas. Nilai adjusted R square sebesar 0,665 yang dapat diartikan bahwa kinerja UKM dipengaruhi oleh e-commerce, literasi keuangan dan sistem informasi akuntansi sebesar 66,50% dan sebesar 33,50% dipengaruhi oleh variabel lain yang t} }