@thesis{thesis, author={VALENTINA Risma Fitriani}, title ={Gambaran Self-Regulated Learning pada Mahasiswa Jurusan Keperawatan Universitas Jenderal Soedirman}, year={2021}, url={http://repository.unsoed.ac.id/10128/}, abstract={Latar Belakang: Belajar merupakan komponen utama dalam proses pendidikan. Self-Regulated Learning merupakan strategi yang diterapkan individu dalam aktivitas belajarnya. Pengaturan diri dalam belajar membuat para siswa memiliki kontrol dan mendorongnya untuk memperhatikan metode belajarnya. Penelitian ini bertujuan mengetahui gambaran Self-Regulated Learning.Metode: Penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. Jumlah sampel sebanyak 182 responden dengan teknik non probability sampling menggunakan teknik consecutive sampling. Data diambil dengan kuesioner dan menggunakan analisis univariat. Hasil Penelitian: Mayoritas responden berusia remaja akhir memiliki gambaran Self-Regulated Learning dengan kategori sedang. Dari hasil penelitian mayoritas responden dengan jenis kelamin perempuan memiliki gambaran Self-Regulated Learning sedang. Berdasarkan angkatan mayoritas responden memiliki gambaran Self-Regulated Learning sedang, dan responden yang tinggal bersama orangtua memiliki gambaran Self-Regulated Learning sedang. Kesimpulan: Sebagian besar responden memiliki gambaran Self-Regulated Learning pada kategori sedang.} }