@thesis{thesis, author={RAFI Abdur}, title ={Perbandingan Gaya Belajar VAK, Motivasi, Keaktifan, dan Kemandirian Belajar Sebelum dan Sesudah Pembelajaran Daring di SMK Negeri 1 Dukuhturi}, year={2021}, url={http://repository.unsoed.ac.id/10349/}, abstract={Pandemi Covid-19 berdampak terhadap bidang pendidikan di Indonesia. Seluruh elemen pendidikan harus menyesuaikan diri agar proses pembelajaran dapat terus berlangsung sehingga proses pembelajaran yang awalnya dilakukan secara langsung/tatap muka diubah seluruhnya menjadi pembelajaran daring. Pembelajaran daring tersebut berdampak terhadap beberapa hal dari diri siswa seperti gaya belajar, motivasi belajar, keaktifan belajar dan kemandirian belajar di dalam kelas. Penelitian ini merupakan penelitian komperatif dengan pendekatan kuantitatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan gaya belajar VAK, motivasi belajar, keaktifan belajar da kemandirian belajar sebelum dan sesudah pembelajaran daring dari siswa kelas XI AKL SMK Negeri 1 Dukuhturi. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI AKL SMK Negeri 1 Dukuhturi yang berjumlah 143 siswa dengan jumlah sampel 107 siswa. Analisis data dalam penelitian ini dibagi menjadi dua yaitu analisis deskriptif dan inferensial. Analisis inferensial menggunakan uji one way ANOVA untuk variabel 1 dan uji t dua sampel berpasangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan signifikan gaya belajar VAK sebelum dan sesudah pembelajaran daring, (2) Terdapat perbedaan signifikan motivasi belajar sebelum dan sesudah pembelajaran daring, (3) Terdapat perbedaan signifikan keaktifan belajar sebelum dan sesudah pembelajaran daring, (4) Terdapat perbedaan signifikan kemandirian belajar sebelum dan sesudah pembelajaran daring.} }