@thesis{thesis, author={LISHAR Seftiandik Sifanur}, title ={Pengaruh Fasilitas Belajar, Kompetensi Guru dan Motivasi Belajar terhadap Pemahaman Siswa pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19}, year={2021}, url={http://repository.unsoed.ac.id/10351/}, abstract={Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian kuantitatif dengan tujuan untuk mengetahui, menganalisis, dan menguji pengaruh fasilitas belajar, kompetensi guru, dan motivasi belajar terhadap pemahaman siswa pada pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri 1 Rembang kelas X, XI dan XII yang berjumlah 847 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Cluster sampling. Berdasarkan teknik tersebut, ditetapkan sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Fasilitas belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap pemahaman siswa pada pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19, 2) Kompetensi guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap pemahaman siswa pada pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19, 3) Motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap pemahaman siswa pada pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19, 4) Fasilitas belajar, kompetensi guru, dan motivasi belajar secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap pemahaman siswa pada pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa terdapat pengaruh fasilitas belajar, kompetensi guru dan motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap pemahaman siswa SMA Negeri 1 Rembang pada pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19 dan berpengaruh secara simultan terhadap pemahaman siswa pada pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19. Pada pelaksanaannya, seorang siswa membutuhkan fasilitas belajar, di masa pandemi fasilitas pembelajaran daring dibutuhkan untuk menunjang pembelajaran tanpa adanya fasilitas siswa tidak dapat mengikuti proses pembelajaran, begitupun dengan peran kompetensi guru sangat penting untuk mewujudkan tujuan utama pembelajaran daring serta motivasi belajar yang tinggi juga sangat dibutuhkan untuk mendorong siswa agar aktif mengikuti pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran daring dapat tercapai yaitu siswa dapat memahami materi yang disampaikan oleh guru.} }