@thesis{thesis, author={WIYANTI Retno}, title ={Kinerja Implementasi Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus di SDN 1 Grendeng, Kecamatan Purwokerto Utara)}, year={2021}, url={http://repository.unsoed.ac.id/10658/}, abstract={Penelitian ini berjudul ?Kinerja Implementasi Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus di SDN 1 Grendeng, Kecamatan Purwokerto Utara)?. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penerapan sistem pembelajaran tatap muka di masa pandemi Covid-19 yang diganti dengan sistem pembelajaran daring sesuai Surat Edaran Kemendikbud No 4 Tahun 2020. Secara umum, implementasi pembelajaran daring untuk tingkat sekolah dasar di Kabupaten Banyumas mengalami berbagai kendala, tak terkecuali di SDN 1 Grendeng Kecamatan Purwokerto Utara sehingga kinerjanya menjadi rendah. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif deskriptif dengan paradigma Post Positivist. Pemilihan informan berdasarkan purposive sampling, Metode pengumpulan data dengan melakukan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis model interaktif dari Miles and Huberman. Sedangkan validitas data menggunakan triangulasi sumber dengan membandingkan hasil wawancara dengan hasil observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kinerja implementasi pembelajaran daring di SDN 1 Grendeng, Kecamatan Purwokerto Utara terbilang rendah. Hal tersebut dapat dilihat dari aktor yang terlibat belum menjalankan tugas dan perannya dengan baik. Kejelasan tujuan, tidak tercapainya tujuan untuk menciptakan pembelajaran daring yang efektif dan efisien. Perkembangan dan kerumitan kebijakan, guru menggunakan whattsapp sebagai platform pembelajaran daring selain itu siswa sulit memahami materi yang diberikan oleh guru, orangtua sibuk bekerja. Peran dan partisipasi para stakeholder terkait, dinas dan pihak guru belum menjalankan perannya dengan baik, tingkat kedisiplinan dan tanggungjawab siswa menurun drastis. Terdapat faktor-faktor yang mempengaruhi dan menghambat implementasi kebijakan.} }