@thesis{thesis, author={FUJIATIN Juliet}, title ={Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel “Teluk Alaska” Karya Eka Aryani dan Relevansinya terhadap Materi Menganalisis Isi dan Kebahasaan Novel}, year={2021}, url={http://repository.unsoed.ac.id/10733/}, abstract={Fujiatin, Juliet. 2021. ?Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel ?Teluk Alaska? Karya Eka Aryani dan Relevansinya Terhadap Materi Menganalisis Isi dan Kebahasaan Novel?. Skripsi. Purwokerto:Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Jenderal Soedirman. Nilai pendidikan karakter dalam novel menggambarkan karakteristik setiap tokoh dalam menjalankan kehidupan bermasyarakat. Nilai karakter dalam novel dapat dipahami menggunakan pendekatan sosiologi sastra. Salah satu teori nilai karakter dikemukakan oleh Sofan Amri yang membagi nilai karakter menjadi lima tipe. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai pendidikan karakter dalam novel Teluk Alaska karya Eka Aryani menggunakan teori Sofan Amri, dengan mendeskripsikan nilai perilaku manusia dengan Tuhan, diri sendiri, sesama manusia, lingkungan dan kebangsaan, serta mendeskripsikan relevansi antara nilai pendidikan karakter dengan materi menganalisis isi dan kebahasaan novel. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan tujuan pengkajian dan mendeskripsikan permasalahan yang diteliti. Sember data pada penelitian ini adalah novel Teluk Alaska karya Eka Aryani yang terbit pada tahun 2019. Data yang diperoleh dengan menggunakan metode baca dan catat. Metode analisis menggunakan metode semiotik yang meliputi heuristik dan hemeneutik. Metode penyajian data menggunakan metode deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam novel Teluk Alaska mencakup nilai religius (bersyukur), berdoa, displin, kerja keras, tanggung jawab, gemar membaca, jujur, rasa ingin tahu, peduli sosial, cinta damai, dan peduli lingkungan. Kemudian novel Teluk Alaska dapat digunakan sebagai materi pembelajaran sastra dengan menggunakan KD 3.9 Menganalisis isi dan kebahasaan novel untuk kelas XI di SMA adalah saat peserta didik menganalisis unsur intrinsik, terutama penokohan dan amanat peserta didik akan mengetahui nilai karakter. Kesimpulan dari penelitian ini adalah nilai pendidikan karakter dalam novel adalah religius (bersyukur), berdoa, displin, kerja keras, tanggung jawab, gemar membaca, jujur, rasa ingin tahu, peduli sosial, cinta damai, dan peduli lingkungan. Penelitian ini dapat dimanfaatkan oleh peserta didik dan guru pada jenjang SMA.} }