@thesis{thesis, author={PAMBAYUN Dyan Damayanti Retno}, title ={Perubahan Makna Slogan Iklan Mi Instan Produk Indofood Di Televisi Indonesia (Kajian Semantik)}, year={2021}, url={http://repository.unsoed.ac.id/10907/}, abstract={Penelitian ini berjudul ?Perubahan Makna Slogan Iklan Mi Instan Produk Indofood di Televisi Indonesia (Kajian Semantik)?. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis perubahan makna dan faktor penyebab perubahan makna yang terkandung dalam slogan iklan mi instan produk Indofood di televisi Indonesia. Metode pengumpulan data yang digunakan penelitian ini adalah metode simak. Dalam metode simak terdapat teknik dasar dan teknik lanjutan. Teknik dasar yang digunakan adalah teknik sadap. Kemudian teknik lanjutan yang digunakan yaitu teknik simak bebas libat cakap dan teknik catat. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah padan referensial. Penyajian hasil analisis data penelitian ini dilakukan secara informal. Hasil penelitian ini adalah Pertama, berdasarkan jenis perubahan makna terdapat (19) data yang mengalami perubahan makna total, (9) data mengalami penyempitan makna, (9) data mengalami perluasan makna, (4) data mengalami perubahan makna metafora, (2) data mengalami penghalusan makna, dan (1) mengalami perubahan makna sinestesia. Kedua faktor yang menyebabkan perubahan makna dalam slogan iklan mi instan Indofood terdapat (13) data akibat faktor perbedaan bidang pemakaian lingkungan, (8) data akibat faktor asosiasi, (8) data akibat faktor kebutuhan kata baru, (4) data akibat faktor pengaruh bahasa asing, (3) data akibat faktor perbedaan tanggapan pemakaian bahasa, (3) data akibat fakor sosial masyarakat, (2) data akibat faktor linguistik, (1) akibat faktor penyingkatan, (1) akibat faktor psikologis, dan (1) akibat faktor pertukaran tanggapan indra.} }